Facebook Kembangkan Lasso, Pesaing Tik Tok

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 26 Oct 2018 13:50 WIB
media sosialfacebookTik Tok
Facebook Kembangkan Lasso, Pesaing Tik Tok
Facebook kembangkan Lasso untuk saingi Tik Tok. (Lionel Bonaventure / AFP)

Jakarta: Facebook tengah mengembangkan aplikasi baru untuk bersaing dengan TikTok, aplikasi video 15 detik yang sangat populer.

Menurut laporan TechCrunch, Facebook berusaha memenangkan hati para remaja dengan Lasso, aplikasi yang memungkinkan pengguna merekam diri ketika menari dan lip-sync

"Aplikasi ini adalah TikTok/Musically. Ia menampilkan layar penuh, dibuat untuk para remaja, menyenangkan dan lucu untuk digunakan, dan fokus pada pembuatan konten," kata narasumber TechCrunch.

Laporan ini muncul setelah Facebook meluncurkan fitur baru berupa stiker musik pada Stories. Selain itu, mereka juga telah meluncurkan fitur Lip Sync LIve pada aplikasi Facebook. 



Kemungkinan, Lasso adalah versi aplikasi mandiri dari Lip Sync Live. Mengingat Facebook memiliki lisensi dengan banyak label rekaman besar, mereka akan bisa menawarkan banyak lagu-lagu yang tidak bisa ditemukan pada TikTok. 

Pada 2016, Facebook memang membuat tim khusus untuk menyelidiki alasan di balik popularitas Musical.ly di kalangan remaja. Namun, proyek itu akhirnya ditangguhkan untuk sementara karena aplikasi itu terlihat tidak terlalu populer.

Namun, Musical.ly kemudian bergabung dengan TikTok, yang telah memiliki 500 juta pengguna aktif bulanan di dunia pada Juli lalu. Lasso dikembangkan oleh tim Watch dan video Facebook. Masih belum diketahui apakah aplikasi ini akan sukses. 

Di Indonesia, Tik Tok juga cukup populer. Pada bulan Juli lalu, Tik Tok sempat diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika karena dianggap mengandung konten ilegal, seperti pornografi.

Pihak Tik Tok kemudian menghampiri Kemenkominfo dan berjanji untuk membersihkan konten pada platform-nya. Setelah itu, Tik Tok kembali bisa diakses


(MMI)

Advan G3, Bodi Keren Speaker Mumpuni
Review Smartphone

Advan G3, Bodi Keren Speaker Mumpuni

5 days Ago

Advan adalah produsen smartphone¬†lokal yang bisa dibilang pejuang sejati.¬†

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.