Samsung Siapkan Kompetitor Google Home Tahun Depan?

Lufthi Anggraeni    •    Sabtu, 29 Dec 2018 11:49 WIB
samsung
Samsung Siapkan Kompetitor Google Home Tahun Depan?
Samsung dilaporkan akan meluncurkan speaker cerdas karyanya pada tahun 2019 mendatang.

Jakarta: Samsung dilaporkan berencana untuk meluncurkan produk baru di kategori speaker cerdas pada tahun 2019 mendatang. Namun, sejumlah pihak meragukan bahwa Samsung akan memperoleh kesuksesan pada pasar speaker cerdas dengan dukungan Bixby.

Sebelumnya, Samsung telah memamerkan speaker cerdas premium bernama Galaxy Home beberapa bulan lalu. Namun hingga saat ini, speaker cerdas tersebut belum dapat ditemukan konsumen di pasar.

Samsung belum mengumumkan harga Galaxy Home, namun diperkirakan akan menjadi pesaing langsung dari Apple HomePod, dan bukan sebagai pesaing untuk Google Home ataupun Amazon Echo.

Dalam upayanya untuk menghadirkan speaker cerdas dengan harga lebih terjangkau, Samsung dilaporkan tengah mengembangkan versi lebih kecil dan terjangkau dari Galaxy Home.

Berbeda dari Galaxy Home, versi lebih kecil diperkirakan berbekal sejumlah mikrofon dan fitur premium.

Speaker cerdas tersebut juga akan didukung oleh asisten digital karya Samsung yaitu Bixby, namun akan ditujukan untuk segmen pasar kelas menengah, dan bukan kelas premium.

Meskipun demikian, Samsung Galaxy Home Mini tersebut diprediksi akan menghadapi persaingan sengit dengan Google Home dan Amazon Echo.

Sementara itu sebelumnya, Samsung dilaporkan berencana untuk memasuki pasar drone. Rencana tersebut diindikasikan oleh pendaftaran paten drone secara aktif, dan disebut tengah bersiap untuk mengembangkan drone berkemampuan untuk bertransformasi.

Unggahan di jejaring sosial asal Tiongkok Weibo turut mengungkapkan gambar bahan pelindung layar untuk Samsung Galaxy S10+. Aksesori ini hadir dengan dua lubang di sudut kanan atas, menyamai lokasi sensor kamera pada layar berdesain Infinity-O.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.