Perebutkan Posisi Orang Terkaya, Bezos dan Gates Dikalahkan Putin?

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 01 Aug 2017 13:27 WIB
microsoftamazon
Perebutkan Posisi Orang Terkaya, Bezos dan Gates Dikalahkan Putin?
Ki-ka: Bil Gates dan Jeff bezos. (Fortune)

Metrotvnews.com: Pada hari Kamis lalu, Jeff Bezos sempat menjadi orang paling kaya dalam Daftar Milyarder Real-Time versi Forbes. Pada pagi itu, saham Amazon sempat melonjak naik, membuat total kekayaan Bezos menjadi USD90.6 miliar (Rp1.207 triliun), mengalahkan Bill Gates, yang hanya memiliki USD90.1 miliar (Rp1.200 triliun).

Sayangnya, pada akhir hari itu, saham Amazon kembali turun dan Bezos kembali menjadi orang terkaya nomor dua di dunia. Namun, satu hal yang mengejutkan adalah karena tampaknya Presiden Rusia, Vladimir Putin memiliki harta yang lebih banyak dari total kekayaan Bezos dan Gates. CEO Hermitage Capital Management, Bill Browder berkata, dia memperkirakan, total nilai harta Putin mencapai USD200 miliar (Rp2.664 triliun).

Perusahaan Browder dulu merupakan investor dengan portofolio terbanyak di Rusia. Dulu, dia pernah memegang saham Gazprom, Surgutneftegas dan perusahaan negara Rusia lainnya pada tahun 1990-an. Ketika itu, Putin dilaporkan membuat perjanjian dengan para pebisnis Rusia yang menjadikannnya sebagai "orang terkaya di dunia."

Total kekayaan Putin menjadi topik perdebatan dan spekulasi. Menurut laporan aset resmi Putin -- yang merupakan sesuatu yang wajib dilaporkan oleh pegawai pemerintah Rusia -- sang presiden mendapatkan USD133 ribu (Rp1,8 miliar) per tahun dan memiliki apartemen yang tidak terlalu mewah di Moscow.

Minggu lalu, Bezos sempat menjadi orang terkaya di dunia, meski tidak lama. Alasannya adalah karena nilai saham Amazon sempat naik sebelum laporan keuangan per kuartal perusahaan raksasa retail tersebut. Namun, kemudian, nilai saham Amazon kembali turun, menjadikan Gates sebagai orang terkaya dunia sekali lagi.

Menurut data Bloomberg, baik Bezos dan Gates memiliki kekayaan lebih dari USD90 miliar. Gates telah menduduki posisi orang terkaya dunia sejak 2013. Tahun ini, Gates juga kembali dinobatkan sebagai orang terkaya dunia menurut Forbes


(MMI)

Video /