Penuhi TKDN, Nokia Bersiap Masuk Kembali ke Indonesia

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 06 Sep 2017 16:31 WIB
nokia
Penuhi TKDN, Nokia Bersiap Masuk Kembali ke Indonesia
Nokia 5, 6 dan 3. (AFP PHOTO / Lehtikuva / Emmi Korhonen / Finland)

Metrotvnews.com: Smartphone Nokia mulai diproduksi di Indonesia pada Senin (4/9/2017). Hal ini diumumkan oleh HMD Global, pemegang lisensi merek Nokia, di Batam dalam acara yang dihadiri oleh Direktur Jenderal untuk Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika, I Gusti Putu Suryawirawan dan Gubernur Provinsi Kepulauan Riau, H. Nurdin Basirun. 

"Kami menyadari Indonesia merupakan pasar yang sangat penting di Asia yang ingin kami kembangkan," ujar CEO HMD Global, Florian Seiche. "HMD Berkomitmen untuk mematuhi kebijakan dan peraturan-peraturan pemerintah yang ada, termasuk TKDN."

Dalam pidatonya, Suryawirawan mengatakan bahwa HMD telah memenuhi peraturan TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) yang menyebutkan bahwa smartphone 4G yang hendak dijual di Indonesia harus memiliki komponen lokal setidaknya 30 persen. HMD telah berhasil memenuhi tingkat TKDN sebesar 30,52 persen.

Untuk mencapai angka itu, HMD bekerja sama dengan Tata Sarana Mandiri (TSM) sebagai mitra desain lokal dan pengembang aplikasi lokal Inovidea Magna Global serta MP Games. Selain itu, HMD kini juga memiliki fasilitas produksi baru di pabrik Sat Nusapersada Tbk alias Satnusa yang ada di Batam. 

Di Indonesia, Erajaya Swasembada Tbk akan menjadi distributor Nokia. Per bulan Juli lalu, sertifikat tanda sah TKDN untuk 3 ponsel Nokia telah didapatkan. Ketiga ponsel yang akan diluncurkan di Indonesia tersebut adalah Nokia 3, 5 dan 6.

Sayangnya, HMD tampaknya belum akan membawa Nokia 8, smartphone paling premium miliknya. Kabar baiknya, HMD berjanji bahwa semua smartphone Nokia yang mereka luncurkan akan mendapatkan update Android 8.0 Oreo. 


(MMI)

Vivo V7+, Layar Luas Manjakan Pecinta Selfie
Review Smartphone

Vivo V7+, Layar Luas Manjakan Pecinta Selfie

2 days Ago

Vivo V7 Plus kembali mengunggulkan kemampuan kamera depan, yang diklaim mampu memanjakan penggu…

BERITA LAINNYA
Video /