Penuhi TKDN, Nokia Bersiap Masuk Kembali ke Indonesia

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 06 Sep 2017 16:31 WIB
nokia
Penuhi TKDN, Nokia Bersiap Masuk Kembali ke Indonesia
Nokia 5, 6 dan 3. (AFP PHOTO / Lehtikuva / Emmi Korhonen / Finland)

Metrotvnews.com: Smartphone Nokia mulai diproduksi di Indonesia pada Senin (4/9/2017). Hal ini diumumkan oleh HMD Global, pemegang lisensi merek Nokia, di Batam dalam acara yang dihadiri oleh Direktur Jenderal untuk Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika, I Gusti Putu Suryawirawan dan Gubernur Provinsi Kepulauan Riau, H. Nurdin Basirun. 

"Kami menyadari Indonesia merupakan pasar yang sangat penting di Asia yang ingin kami kembangkan," ujar CEO HMD Global, Florian Seiche. "HMD Berkomitmen untuk mematuhi kebijakan dan peraturan-peraturan pemerintah yang ada, termasuk TKDN."

Dalam pidatonya, Suryawirawan mengatakan bahwa HMD telah memenuhi peraturan TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) yang menyebutkan bahwa smartphone 4G yang hendak dijual di Indonesia harus memiliki komponen lokal setidaknya 30 persen. HMD telah berhasil memenuhi tingkat TKDN sebesar 30,52 persen.

Untuk mencapai angka itu, HMD bekerja sama dengan Tata Sarana Mandiri (TSM) sebagai mitra desain lokal dan pengembang aplikasi lokal Inovidea Magna Global serta MP Games. Selain itu, HMD kini juga memiliki fasilitas produksi baru di pabrik Sat Nusapersada Tbk alias Satnusa yang ada di Batam. 

Di Indonesia, Erajaya Swasembada Tbk akan menjadi distributor Nokia. Per bulan Juli lalu, sertifikat tanda sah TKDN untuk 3 ponsel Nokia telah didapatkan. Ketiga ponsel yang akan diluncurkan di Indonesia tersebut adalah Nokia 3, 5 dan 6.

Sayangnya, HMD tampaknya belum akan membawa Nokia 8, smartphone paling premium miliknya. Kabar baiknya, HMD berjanji bahwa semua smartphone Nokia yang mereka luncurkan akan mendapatkan update Android 8.0 Oreo. 


(MMI)

Penggemar Sejati Final Fantasy Boleh Main Dissidia Final Fantasy NT
Review Game

Penggemar Sejati Final Fantasy Boleh Main Dissidia Final Fantasy NT

21 hours Ago

Dissida Final Fantasy NT merupakan game sekaligus fan service bagi penggemar dan pengikut setia…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.