WhatsApp Uji Coba Akun Bisnis

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 29 Aug 2017 15:43 WIB
whatsapp
WhatsApp Uji Coba Akun Bisnis
WhatsApp tengah menguji fitur akun terverifikasi. (AFP PHOTO / YASUYOSHI CHIBA)

Metrotvnews.com: WhatsApp adalah aplikasi pengirim pesan paling populer dengan lebih dari 1 miliar pengguna.

Dengan begitu banyak pengguna, WhatsApp jadi salah satu platform pilihan perusahaan untuk berkomunikasi dengan pelanggan mereka. Perusahaan di bawah Facebook itu baru saja mencoba fitur baru yang berfungsi membantu pelaku bisnis.

Meski WhatsApp for Business baru akan diluncurkan dalam waktu beberapa bulan ke depan, WhatsApp telah memberikan informasi tentang fitur baru tersebut. Pelaku bisnis yang ikut serta dalam program uji coba fitur itu akan mendapatkan centang warna hijau di sebelah nama mereka. Itu artinya, WhatsApp telah mengonfirmasi bahwa nomor ponsel itu resmi milik pelaku usaha, lapor IB Times.

Konfirmasi akan keberadaan fitur ini ada pada halaman FAQ WhatsApp dan WABetaInfo telah memiliki versi beta dari WhatsApp yang telah mendukung akun Verified Business -- Bisnis Terverifikasi. Tentunya, tidak semua pelaku bisnis akan bisa mendapatkan centang hijau ini, mengingat saat ini, fitur tersebut tengah diuji oleh sejumlah pelaku bisnis yang ikut serta dalam program percobaan ini. 

Dengan pembaruan ini, para pelaku bisnis juga bisa memasang pesan ketika akun tidak sedang dipantau dan mengatur pesan otomatis.

Dari segi konsumen, tidak ada yang berubah dari WhatsApp. Misalnya, jika Anda mencatat nomor ponsel dari sebuah bisnis, nama yang muncul pada ponsel Anda adalah nama yang Anda simpan pada ponsel. Jika Anda belum menyimpan nomer tersebut dalam kontak Anda, maka nama yang muncul adalah nama bisnis itu. Jika Anda khawatir pelaku bisnis akan terus mengirimkan pesan tanpa henti ke nomor Anda, Anda bisa menggunakan fitur blokir.

Menariknya, dalam halaman FAQ WhatsApp, juga tertulis, "WhatsApp akan memberitahukan Anda ketika Anda berbicara dengan pelaku bisnis via pesan berwarna kuning di dalam sebuah chat. Dan pesan-pesan dengan pelaku bisnis tidak akan bisa dihapus." Hal ini berfungsi untuk memastikan pelaku bisnis tidak menarik kembali kata-kata mereka. 

WhatsApp for Business merupakan bagian dari versi beta 2.17.285. Layanan ini diperkirakan sudah tersedia dalam waktu 4 bulan ke depan dan peluncurannya akan dimulai di India. 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.