Dipatok Rp1,8 Juta, Moto E4 Mulai Masuk Pasar Indonesia

Yatin Suleha    •    Sabtu, 05 Aug 2017 20:59 WIB
lenovomotorolamoto
Dipatok Rp1,8 Juta, Moto E4 Mulai Masuk Pasar Indonesia
Bagi penggila foto, Moto E4 memanjakan penggunanya dengan kamera 8 MP di bagian belakang, dan 5 MP di bagian depan yang juga ditambah dengan lampu flash LED. (Foto: Metrotvnews.com/Yatin Suleha)

Metrotvnews.com, Ubud: Jika Anda sedang mencari smartphone dengan spesifikasi yang mendukung hobi swafoto Anda namun dengan banderol harga miring, ada baiknya Anda menengok smartphone terbaru besutan Motorola, yaitu Moto E4.

Setelah sebelumnya Motorola menghadirkan Moto E3 Power, Motorola resmi meluncurkan Android Moto E4 pada Rabu (3/8/2017) di Ubud, Bali sebagai penerusnya.

Walau terbilang harganya ramah kantong, yaitu Rp1,8 jutaan, namun secara tampilan, Moto E4 tidak sama sekali terlihat "murahan". Menurut Mobile Business Group (MBG) Marketing Lead Lenovo Indonesia, Miranda Warokka, mengatakan bodi Moto E4 berlapis bahan metal.



Spesifikasinya juga terbilang menjanjikan. Moto E4  menggunakan layar 5 inci resolusi HD (1280 x 720 pixel) yang cukup proporsional untuk sebuah smartphone. Di dalamnya terpasang OS Android 7.1, prosesor quad-core, dan konektivitas 4G.

Moto E4 juga mampu menampung kartu memori eksternal dengan kapasitas mencapai 128GB. Smartphone ini mendukung penggunaan dua kartu SIM yang terpisah dari slot Micro SD. Untuk kualitas kamera, Moto E4 menyematkan kamera belakang 8MP dan kamera depan 5MP. Kamera depan ini juga mempunyai flash LED sendiri.

Mengusung strategi online, Lenovo Indonesia menggandeng Lazada untuk pemasaran Moto E4. "Kami belum ada rencana untuk memasarkannya di jalur offline," ujar Miranda. Moto E4 tersedia dalam warna Iron Gray dan Blush Gold. Konsumen yang tertarik bisa melakukan pemesanan terlebih dahulu via Lazada mulai 5-10 Agustus 2017. 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.