Permintaan Data Terus Naik, XL Perluas Layanan 4G di Jambi

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Kamis, 07 Sep 2017 16:31 WIB
xltelekomunikasi
Permintaan Data Terus Naik, XL Perluas Layanan 4G di Jambi
Chief Service Management Officer XL, Yessie D. Yosetya.

Metrotvnews.com: Layanan 4G XL sudah tersedia di 8 kota/kabupaten di Jambi per Agustus. Untuk memberikan layanan internet cepat itu, XL menyediakan sekitar 100 BTS 4G dan 300 BTS 3G. Selain itu, XL juga telah menyediakan 4G di 5 kota/kabupaten di Sulawesi Tenggara. 

"Saat ini layanan 4G LTE dari XL Axiata sudah masuk ke lebih dari 117 kota/kabupaten di semua provinsi di Sumatera, dengan target bisa masuk dan melayani masyarakat di 127 kota/kabupaten yang ada di sana," kata Chief Service Management Officer XL, Yessie D. Yosetya. "Untuk area-area yang belum memungkinkan masuknya jaringan 4G LTE, kami pun meningkatkan jangkauan layanan 3G yang juga lebih berkualitas." 

Mulai bulan Mei lalu, XL telah memberikan layanan 4G di 7 kota/kabupaten di Jambi, yaitu Kota Jambi, Kabupaten Batang Hari, Kabupaten Merangin, Kabupaten Muarojambi, Kabupaten Sarolangun, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, dan Kota Sungai Penuh. Sebagai ibukota provinsi, Kota Jambi memiliki BTS 4G paling banyak, yaitu 50 unit. 

Yessie menjelaskan, alasan XL untuk memperluas jaringan 4G secara agresif adalah karena saat ini dianggap sebagai waktu yang tepat. Pernyataan ini didukung oleh data yang didapatkan XL. Dari 1,3 juta total pelanggan XL, sebanyak 33 persen sudah aktif menggunakan layanan data, baik melalui jaringan 4G ataupun 3G. Tidak hanya itu, selama 3 bulan terakhir, terdapat peningkatan trafik data sebesar 86 persen. Diperkirakan, trafik ini akan terus naik. 

Sementara itu, di Sulawesi Tenggara, trafik data justru mengalami kenaikan lebih besar, mencapai 134 persen dalam waktu 1 tahun terakhir. Di Sulawesi Tenggara, XL telah menyediakan 4G untuk masyarakat di Kota Kendari, Kota Bau-Bau, Kabupaten Kolaka, Kabupaten Konawe, dan Kabupaten Muna. Dari 379 ribu pelanggan XL di provinsi tersebut, 100 ribu di antaranya telah menggunakan layanan 4G. 

Di keseluruhan wilayah Sulawesi, XL menyebutkan bahwa permintaan akan layanan data cukup tinggi. Pada semester 1 2017, jumlah pengguna smartphone 3G dan 4G mencapai 68 persen dari 2,7 juta total pelanggan XL di Sulawesi. Trafik layanan data di seluruh Sulawesi juga mengalami kenaikan 269 persen sementara trafik 4G naik 509 persen. 


(MMI)