Google akan Segera Luncurkan Android 8.1

Lufthi Anggraeni    •    Jumat, 08 Sep 2017 09:19 WIB
androidgoogle
Google akan Segera Luncurkan Android 8.1
Versi update Android Oreo akan diluncurkan dalam dua hingga tiga bulan mendatang.

Metrotvnews.com: Google dilaporkan telah memulai proses pengembangan versi terbaru dari sistem operasi Android. Versi terbaru Android ini diperkirakan akan meluncur dalam waktu dua hingga tiga bulan mendatang untuk perangkat tertentu, bersamaan dengan Google Pixel 2 dan Pixel XL 2.

Versi terbaru tersebut dikabarkan akan disebut sebagai Android 8.1 dan diperkirakan akan memperkenalkan sejumlah perubahan. Perubahan yang ada cukup signifikan sehingga Android baru itu akan memiliki nomor SDK 27. Sebagai pengingat, Android 8.0 Oreo memperkenalkan SDK 26, dan update Android umumnya tidak dilengkapi dengan naiknya nomor SDK, kecuali jika perubahan yang dimasukkan cukup signifikan.

Informasi detil terkait aplikasi Google menampilkan bahwa update ini berbekal perubahan ikon untuk Google Lens yang belum dirilis. Selain itu, informasi terkait kode turut Android ini mengindikasikan satu hingga dua petunjuk terkait Bisto, headphone cerdas Google yang dirumorkan akan menjadi pesaing Apple Airpods.

Update Android 8.1 ini juga dikabarkan menjadi kandidat utama Google dalam menghadirkan perbaikan pada fitur editor screenshot. Fitur lebih baik ini akan memungkinkan pengguna untuk memotong dan menuliskan catatan pada screenshot, serupa dengan fitur yang diimplentasikan produsen perangkat pada antarmuka pengguna Android khusus mereka.

Google juga dilaporkan telah memulai proses pengembangan generasi Android selanjutnya yaitu Android P, yang akan hadir dalam versi beta untuk pengembang pada awal 2018. Generasi selanjutnya dari Android tersebut dirumorkan akan dirilis pada bulan Agustus 2018 mendatang, menurut jadwal peluncuran software Google.

Sementara itu sebelumnya, Google resmi merilis versi terbaru Chrome untuk perangkat bersistim operasi Android, yaitu Chrome 61. Versi baru aplikasi ini berbekal kemampuan untuk menerjemahkan halaman situs mobile dengan toolbar intuitif dan lebih ringkas.


(MMI)

Penggemar Sejati Final Fantasy Boleh Main Dissidia Final Fantasy NT
Review Game

Penggemar Sejati Final Fantasy Boleh Main Dissidia Final Fantasy NT

21 hours Ago

Dissida Final Fantasy NT merupakan game sekaligus fan service bagi penggemar dan pengikut setia…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.