Google akan Segera Luncurkan Android 8.1

Lufthi Anggraeni    •    Jumat, 08 Sep 2017 09:19 WIB
androidgoogle
Google akan Segera Luncurkan Android 8.1
Versi update Android Oreo akan diluncurkan dalam dua hingga tiga bulan mendatang.

Metrotvnews.com: Google dilaporkan telah memulai proses pengembangan versi terbaru dari sistem operasi Android. Versi terbaru Android ini diperkirakan akan meluncur dalam waktu dua hingga tiga bulan mendatang untuk perangkat tertentu, bersamaan dengan Google Pixel 2 dan Pixel XL 2.

Versi terbaru tersebut dikabarkan akan disebut sebagai Android 8.1 dan diperkirakan akan memperkenalkan sejumlah perubahan. Perubahan yang ada cukup signifikan sehingga Android baru itu akan memiliki nomor SDK 27. Sebagai pengingat, Android 8.0 Oreo memperkenalkan SDK 26, dan update Android umumnya tidak dilengkapi dengan naiknya nomor SDK, kecuali jika perubahan yang dimasukkan cukup signifikan.

Informasi detil terkait aplikasi Google menampilkan bahwa update ini berbekal perubahan ikon untuk Google Lens yang belum dirilis. Selain itu, informasi terkait kode turut Android ini mengindikasikan satu hingga dua petunjuk terkait Bisto, headphone cerdas Google yang dirumorkan akan menjadi pesaing Apple Airpods.

Update Android 8.1 ini juga dikabarkan menjadi kandidat utama Google dalam menghadirkan perbaikan pada fitur editor screenshot. Fitur lebih baik ini akan memungkinkan pengguna untuk memotong dan menuliskan catatan pada screenshot, serupa dengan fitur yang diimplentasikan produsen perangkat pada antarmuka pengguna Android khusus mereka.

Google juga dilaporkan telah memulai proses pengembangan generasi Android selanjutnya yaitu Android P, yang akan hadir dalam versi beta untuk pengembang pada awal 2018. Generasi selanjutnya dari Android tersebut dirumorkan akan dirilis pada bulan Agustus 2018 mendatang, menurut jadwal peluncuran software Google.

Sementara itu sebelumnya, Google resmi merilis versi terbaru Chrome untuk perangkat bersistim operasi Android, yaitu Chrome 61. Versi baru aplikasi ini berbekal kemampuan untuk menerjemahkan halaman situs mobile dengan toolbar intuitif dan lebih ringkas.


(MMI)