IFA 2017

Lenovo Turut Fokus Garap Kecerdasan Buatan

Lufthi Anggraeni    •    Sabtu, 02 Sep 2017 11:22 WIB
lenovoifa 2017
Lenovo Turut Fokus Garap Kecerdasan Buatan
Lenovo turut terfokus dalam pengembangan teknologi dan produk terkait dengan kecerdasan buatan atau AI.

Metrotvnews.com, Berlin: Tidak hanya pada ranah produk, pada ajang IFA 2017 di Messe Berlin, Lenovo turut menunjukan fokusnya pada ranah kecerdasan buatan (AI). Dalam ajang tersebut, Lenovo memperkenalkan sejumlah produk konsep yang tengah dikembangkannya.

"Selain inovasi terkait perangkat, komputasi awan dan inovasi dan inkubasi gaya hidup cerdas, kecerdasan buatan atau AI turut menjadi bidang yang difokuskan pada divisi riset dan pengembangan Lenovo. Keempat bidang teknologi ini menjadi teknologi inti dari IoT masa depan," ujar Vice President Lenovo Group and Head of AI Lab Lenovo Research, Dr. Feiyu Xu.

Kemunculan AI yang kian berkembang, jelas Xu, berkat kemampuan yang ditawarkan teknologi tersebut. AI memungkinkan mesin berperilaku layaknya manusia, serta memperluas sekaligus meningkatkan persepsi dan kognisi manusia. Perkembangan AI juga dinilai berkat kemampuannya dalam membantu interaksi antara manusia dan mesin.

Kehadiran AI dinilai Xu didorong oleh perkembangan teknologi yang kian pesat, memungkinkan AI merambah ke berbagai bidang. Sejumlah perkembangan yang dihadirkan AI saat ini, lanjut Xu, dapat ditemukan pada big data, pembelajaran mesin, teknologi ilmu pengetahuan, serta hardware yang didukung teknologi tersebut.

Xu juga menyebut, perkembangan AI juga didukung oleh semakin banyaknya informasi dan fakta yang berhasil dihimpun. Perkembangan ini turut mendorong Lenovo Mengembangkan sejumlah berbasis AI, salah satunya adalah XIAOLE. Produk ini hadir berupa layanan dengan bantuan bot untuk membantu konsumen saat mengalami permasalahan terkait produk, secara langsung via aplikasi serupa aplikasi percakapan.

Selain itu, Lenovo juga tengah mengembangkan produk wearable berupa pakaian yang dilengkapi dengan sejumlah sensor, bernama Smart Vest. Produk ini dilengkapi oleh sejumlah sensor yang berfungsi untuk mengawasi kecepatan detak jantung, dengan hasil yang akan ditransimisikan kepada platform online untuk dianalisa, sehingga pengguna dapat mengetahui kondisi jantung selama 24 jam.

Perangkat terkait AI lain yang tengah dikembangkan Lenovo adalah AI Apliance, solusi terintegrasi hardware dan software yang ditujukan untuk pembelajaran mendalam, yang mendukung sejumlah pengguna serta sejumlah framework, dan diklaim menawarkan efisiensi dalam penjadwalan tugas.


(MMI)