IFA 2017

Sharp Pamer TV 8K Berukuran 70 Inci

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Minggu, 03 Sep 2017 09:29 WIB
sharpifa 2017
Sharp Pamer TV 8K Berukuran 70 Inci
TV beresolusi 8K dari Sharp.

Metrotvnews.com: Kini TV 4K mulai banyak digunakan, Sharp meluncurkan TV baru dengan resolusi yang lebih tinggi, yaitu Aquos 8K dengan ukuran 70 inci. Resolusi 8K (7.680 x 4.320) memiliki jumlah pixel 16 kali lipat lebih banyak dari TV Full HD (1.920 x 1.080).

Sharp mengklaim TV ini akan menampilkan gambar dengan sangat detail yang bahkan tidak bisa ditangkap oleh mata. Satu hal yang harus diingat, seperti yang disebutkan oleh The Verge, setelah batas tertentu, jumlah pixel pada TV tidak akan berpengaruh pada kualitas gambar yang Anda lihat karena pixel ekstra yang ada tidak akan terlihat ketika dilihat dari jauh. 

Jadi, meskipun Anda bisa melihat peningkatan kualitas gambar pada monitor 8K saat Anda duduk di depannya, Anda tidak akan bisa melihat perbedaan kualitas yang ditunjukkan TV 8K karena Anda duduk agak jauh dari TV. Namun, HDR tetap akan memberikan gambar yang lebih baik. Untungnya, TV Sharp terbaru sudah kompatibel dengan Dolby Vision HDR dan BDA-HDR, untuk Blu-ray player. 

Sebelum membeli TV 8K, satu masalah lain yang harus dipertimbangkan adalah saat ini, tidak banyak konten HDR 8K yang tersedia. Memang, ada konten yang menggunakan resolusi tersebut, tapi tidak banyak. Tahun lalu, organisasi penyiaran asal Jepang, NHK telah memulai siaran satelit pertama dengan resolusi 8K. Sharp juga berencana untuk mengembangkan lebih banyak produk 8K untuk membentuk ekosistem 8K, termasuk receiver siaran dan kamera 8K. 

Sharp berencana untuk memasukkan TV ini di Tiongkok dan Jepang pada tahun ini serta di Taiwan pada Februari tahun depan. Sementara itu, Sharp akan menjual TV 8K sebesar 70 inci miliknya sebagai monitor 8K untuk kawasan Eropa, yang akan mulai dijual pada bulan Maret. Sayangnya, Sharp belum menyebutkan harga dari TV 8K mereka ini.

Seorang sumber memberitahu Nikkei Asian Review bahwa TV itu akan dihargai mulai dari JPY1 juta atau sekitar Rp120 juta. 


(MMI)

Video /