Samsung Galaxy S8 dan LG G6 Terima Sertifikat Ramah Lingkungan

Lufthi Anggraeni    •    Rabu, 02 Aug 2017 17:13 WIB
samsunglg
Samsung Galaxy S8 dan LG G6 Terima Sertifikat Ramah Lingkungan
LG G6 dan Samsung Galaxy S8 jadi smartphone pertama yang menerima sertifikat perangkat ramah lingkungan.

Metrotvnews.com: Samsung Galaxy S8 dan LG G6 menjadi smartphone pertama yang menerima sertifikat Electronic Product Environmental Assessment Tool (EPEAT). Sertifikasi ini memperoleh persetujuan Green Electronics Council dan Underwriters Laboratories.

Menurut Phone Arena, kedua smartphone tersebut menjadi subyek sejumlah pengujian terkait aspek lingkungan. Pengujian tersebut termasuk pengujian terkait bahan berbahaya, efisiensi energi dan kontribusi sosial perusahaan.

Namun, penilaian pada pengujian tersebut tidak menjadi perangkat pertama yang memperoleh sertifikasi tersebut. Hal ini karena kategori ponsel mobile baru untuk EPEAT pertama kali diluncurkan.

Kedua smartphone tersebut menerima ECOLOGO Certification hingga UL 110 Standard for Sustainability for Mobile Phone terakreditasi ANSI. Sertifikasi UL 110 Standard for Sustainability for Mobile Phone terakreditasi ANSI merupakan standar khusus yang ditujukan untuk mengevaluasi kesesuaian perangkat mobile.

Kesesuaian tersebut dinilai bernilai kriteria performa lingkungan selama siklus hidupnya. Samsung dan LG juga mendapatkan pujian untuk upaya mereka dalam membangun produk ramah lingkungan dengan mengurangi penggunaan bahan berbahaya selama proses produksi.

Kedua perusahaan asal Korea Selatan memperbaiki pengemasan perangkat dan membantu pengurangi limbah. Perangkat unggulan yang diluncurkan Samsung dan LG ini dilaporkan tidak akan menjadi satu-satunya penerima sertifikasi tersebut.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.