Jangan Sedih, Facebook Siapkan Wadah Khusus Cari Jodoh

Cahyandaru Kuncorojati    •    Rabu, 02 May 2018 13:49 WIB
facebook
Jangan Sedih, Facebook Siapkan Wadah Khusus Cari Jodoh
Facebook icon. (WIRED)

Jakarta: Terlepas dari kontroversi isu keamanan yang menimpa, Facebook tetap menggelar ajang tahunan Facebook F8 di Amerika Serikat.

Salah satu yang paling menarik adalah Zuckerberg mengumumkan sebuah fitur baru di Facebook yang ditujukan untuk mencari jodoh atau dia masih menyebutkan sebagai layanan Dating, dikutip dari Washington Post. Hal ini tentu mengejutkan karena layanan ini bukan hal baru dan sangat erat dengan kerahasiaan data penggunanya.

Meskipun begitu, Zuckerberg tampak sadar akan posisi Facebook yang belakangan ini menerima pukulan berat soal bocornya data pengguna mereka. Dalam presentasinya, ia menjelaskan secara detil mengenai betapa amannya fitur Dating yang disiapkan Facebook.

Jadi pada fitur Dating, pengguna Facebook akan seperti memiliki dua akun. Akun fitur Dating akan terpisah dari akun Facebook Anda sebenarnya. Dalam fitur Dating, Anda hanya akan menggunakan nama depan saja selain itu teman Anda di Facebook tidak akan mengetahui bahwa Anda menggunakan fitur Dating.

Kedua fitur ini juga akan memiliki dua inbox terpisah. Inbox di Dating tidak akan bisa digunakan untuk mengirim foto maupun tautan alias hanya teks, yang oleh Facebook diklaim sebagai salah satu cara menjaga keamanan.

Dating di Facebook juga akan menggunakan algoritma yang mencari kecocokan dengan kategori tertentu sesuai penggunanya. Sesama pengguna fitur tersebut juga bisa mengetahui apabila mereka sama-sama memiliki ketertarikan yang sama pada suatu acara yang akan dikunjungi.

Zuckerberg sendiri hanya menyebutkan bahwa fitur tersebut akan mulai diuji coba pada tahun ini dna tentunya kabar ini langsung menjadi kejutan bagi pelaku layanan seperti Tinder dan lain-lainnya termasuk yang menggunakan jasa berbayar sebagai jaminan keamanan data.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.