Anda Bisa Kirim Video 360 via Facebook Messenger

Lufthi Anggraeni    •    Rabu, 04 Apr 2018 10:33 WIB
facebook
Anda Bisa Kirim Video 360 via Facebook Messenger
Facebook merilis update untuk Messenger berbekal dukungan video HD dan foto panorama 360 derajat.

Jakarta: Di tengah sejumlah permasalahan yang melandanya, Facebook harus melakukan sejumlah perubahan termasuk rencananya mengumumkan speaker cerdas. Namun, perubahan rencana ini tidak memengaruhi perilisan update untuk aplikasi Messenger.

Update tersebut menghadirkan dukungan kemampuan video HD dan foto dengan sudut pandang 360 derajat. Dukungan fitur panorama 360 derajat dapat dibedakan dari foto reguler berkat ikon kompas yang muncul di sebelah foto.

Panorama interaktif dapat dilihat di Messenger versi aplikasi maupun versi desktop. Untuk video HD, pengguna akan dapat mengirimlan klin beresolusi 720p dari galeri dan newsfeed. Dukungan ini hanya terbatas pada resolusi hingga 720p, baik via data seluler dan Wi-Fi.

Dukungan gambar 360 derajat telah tersedia di seluruh dunia, sementara dukungan video HD saat ini hanya tersedia di 18 wilayah, yaitu Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Australia, Belgia, Prancis, Finlandia, Denmark, Norwegia, Rumania, Hong Kong, Belanda, Jepang, Taiwan, Korea Selatan, Singapura, Swedia, dan Swiss.

Sebelumnya, Zuckerberg menanggapi komentar Cook terkait skandal keamanan data yang dihadapi Facebook. Zuckerberg menggarisbawahi bahwa tidak semua orang mampu membayar layanan seperti Facebook.

Model yang didukung iklan menjadi satu-satunya cara untuk memastikan semua orang yang ingin terhubung dapat bergabung dengan jejaring sosial miliknya.

Sementara itu, Facebok Indonesia mengumumkan upaya lanjutan dalam memerangi peredaran berita palsu di layanannya, dengan menggandeng pemeriksa fakta pihak ketiga yang telah mendapatkan sertifikasi dari International Fact Check Network (IFCN).

Facebook juga mengembangkan alat sertifikasi yang akan meminta para pengiklan untuk mengonfirmasi bahwa mereka telah mendapatkan persetujuan pengguna sebelum menggunakan email pengguna untuk melakukan iklan tertarget via media sosial itu. 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.