Daftar Perangkat Pendukung Siaran HD Dan HDR Netflix Bertambah

Lufthi Anggraeni    •    Jumat, 10 Aug 2018 16:55 WIB
netflix
Daftar Perangkat Pendukung Siaran HD Dan HDR Netflix Bertambah
Netflix menambahkan sejumlah perangkat pendukung siaran konten beresolusi HD dan HDR.

Jakarta: Di awal kemunculannya, daftar perangkat yang mendukung siarang Netflix dalam resolusi HD dan HDR berjumlah sedikit, meski layanan tersebut terus menambahkan perangkat pada daftar tersebut setiap tahunnya. Kini daftar tersebut telah diisi oleh berbagai smartphone dan tablet.

Sayangnya, tidak satu pun perangkat bermerek Nokia masuk ke dalam daftar tersebut. Kini, Netflix menambahkan nama Honor 10, LG G7, LG V35, Samsung Galaxy Tab S4 dan Samsung Galaxy Note 9 pada daftar perangkat yang mendukung siaran Netflix beresolusi HDR.

Selain itu, daftar perangkat pendukung siaran beresolusi HD berjumlah lebih banyak dari daftar HDR, sebagian besar karena perangkat di daftar HDR juga terdapat pada daftar HD. Selain pada daftar HDR, Netflix juga menambahkan perangkat yang mendukung resolusi HD.

Perangkat tersebut termasuk Huawei MediaPad M5 10 Lite, MediaPad T5 10, Samsung Galaxy Tab S4, Honor 10, Huawei Nova 3, LG G7, LG V35, dan Samsung Galaxy Note 9. Namun, pemilik perangkat tersebut tidak secara langsung dapat menikmati konten beresolusi HD atau HDR saat mengakses Netflix.

Untuk menikmati konten Netflix dalam resolusi HD atau HDR, pemilik perangkat tersebut harus berlangganan UHD dan menggunakan aplikasi Netflix versi terbaru. Aplikasi tersebut dapat pengguna perangkat Android temukan pada toko aplikasi Google, Play Store.

Sebelumnya, Netflix tengah berupaya menciptakan paket harga lebih tinggi dan baru untuk layanan yang ditawarkannya. Menurut laporan yang beredar di Italia, Netflix akan menambahkan empat paket berlangganan untuk layanannya bertajuk Ultra.

Paket ini akan ditawarkan seharga EUR16,99 (Rp285.007) per bulan di Italia. Berdasarkan harga saat ini, Netflix akan membebankan biaya seharga USD16,99 (Rp244.337) per bulan di Amerika Serikat. Paket ini hadir dengan dukungan video HDR dan audio HD.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.