Samsung Batalkan Galaxy Note 9 Abu-Abu?

Lufthi Anggraeni    •    Kamis, 02 Aug 2018 10:21 WIB
samsung
Samsung Batalkan Galaxy Note 9 Abu-Abu?
Samsung Galaxy Note 9 dilaporkan tidak akan tersedia dalam pilihan warna abu-abu.

Jakarta: Pada bulan Juni lalu, informasi pertama terkait dengan warna Samsung Galaxy Note 9 diungkapkan bahwa smartphone ini akan tersedia dalam lima varian, yaitu Black, Grey, Blue, Copper, dan Lavender, meski warna Copper dan Lavender kala itu belum dikonfirmasikan.

Sejak bulan Juni, gambar render press mengungkap bahwa dua varian ini akan dirilis bersamaan dengan model berwarna hitam dan biru. Namun belum tersedia informasi terkait dengan peluncuran Samsung Galaxy Note 9 dalam opsi warna abu-abu.

Belum sepenuhnya dikonfirmasi, kini klaim terbaru menyebut bahwa Samsung membatalkan varian dalam warna abu-abu, menjadi penyebab tidak tersedia gambar Galaxy Note 9 dalam warna tersebut. Meskipun demikian, masih belum diketahui pasti alasan Samsung memilih keputusan ini.

Namun, mengingat penjualan Samsung Galaxy S9 dan S9+ tergolong kurang baik jika dibandingkan dengan model unggulan sebelumnya, keputusan Samsung membatalkan pilihan warna abu-abu dikarenakan warna tersebut tidak terlalu populer.

Secara alternatif, Samsung diperkirakan memilih keputusan tersebut untuk mengalihkan sumber daya pada pabrik dan pemasarannya ke warna lebih unik, dengan harapan dapat meningkatkan penjualan pada bulan yang tersisa pada tahun 2018.

Samsung juga berharap bahwa perilisan Galaxy Note 9 yang lebih awal dari biasanya akan membantu mendorong penjualan Galaxy S9 pada pertengahan tahun pertama 2018.

Saat ini, Galaxy Note 9 diperkirakan akan mulai didistribusikan bersamaan dengan aksesori resminya pada 24 Agustus mendatang.

Samsung Galaxy Note 9 dikabarkan akan mulai dipasarkan via program pre-order pada 14 Agustus mendatang. Perangkat ini disebut berbekal modifikasi tidak signifikan jika dibandingkan dengan Galaxy Note 8, dan akan hadir dengan layar berukuran 6,3 inci.

Sementara itu, ponsel cerdas ini akan didukung oleh Qualcomm Snapdragon 845 dan akan dipasarkan di pasar Amerika Serikat. Sedangkan untuk pasar internasional lainnya, Samsung akan memasarkan Galaxy Note 9 dengan dukungan prosesor Exynos 9810.

Terlepas dari perbedaan prosesor yang diusungnya, model dasar smartphone ini dirumorkan akan didukung RAM 6GB dan ruang penyimpanan internal berkapasitas sebesar 128GB.

Sedangkan versi lebih tinggi akan didukung oleh RAM 8GB dan ruang penyimpanan internal berkapasitas sebesar 512GB.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.