Flash Drive Ini Bisa Hancurkan Komputer Seketika

Lufthi Anggraeni    •    Senin, 12 Sep 2016 09:24 WIB
teknologi
Flash Drive Ini Bisa Hancurkan Komputer Seketika
USB Killer dapat menghancurkan perangkat dengan port USB secara permanen dan instant.

Metrotvnews.com: USB Killer adalah sebuah perangkat khusus yang rilis pada awal kuartal ketiga tahun ini, yang katanya bisa menghabiskan daya perangkat. Menurut kreatornya, perangkat ini dapat menonaktifkan perangkat tanpa perlindungan secara cepat dan permanen.

Flash drive ini tidak hanya bisa merusak PC, tapi juga TV, mesin fotokopi, dan perangkat lain yang dilengkapi port USB. Perangkat ini dijual sebagai alat pengujian untuk perusahaan yang ingin melindungi sistem mereka.

USB Killer dipasarkan sekitar USD56. Permintaan terhadap perangkat ini dilaporkan cukup tinggi, yang terlihat dari pemesanan sejumlah produsen. Meskipun demikian, sang kreator menyebut tidak berencana untuk merilisnya ke publik.

Perangkat ini dikembangkan oleh tim hardware berbasis di Hong Kong, yang mengincar kelemahan sebuah perusahaan sekitar satu tahun lalu. Tim ini mengaku frustasi melihat perusahaan-perusahaan mengambil langkah kecil terkait penanganan kerentanan ini.

Menurut mereka, Apple merupakan produsen terkini yang melindungi perangkat mereka dari penyerangan yang diakibatkan flash drive tersebut. Meningkatkan perhatian dari kerentanan hardware, akan memotivasi produsen untuk bertindak, seperti menyertakan software perlindungan terhadap kerentanan tersebut.


(MMI)