Menghadirkan Mini PC Sebagai Sarana Pendidikan

M Studio    •    Senin, 19 Sep 2016 14:37 WIB
asus
Menghadirkan Mini PC Sebagai Sarana Pendidikan
Sekarang ini, banyak orang yang tinggal di rumah minimalis.

Metrotvnews.com, Jakarta: Di awal bulan Agustus lalu, Eddy Hussy, Ketua Umum REI (Real Estat Indonesia), mengatakan bahwa di kota-kota besar seperti Jakarta dan Surabaya, apartemen masih menjadi properti yang paling diminati oleh masyarakat.

Apartemen memang menawarkan berbagai kelebihan untuk para penghuninya, mulai dari lokasi yang strategis hingga keamanan yang lebih baik. Namun, apartemen juga memiliki kelemahan tersendiri. Salah satunya adalah keterbatasan ruang yang ada. 

Karena itu, biasanya, orang yang tinggal di apartemen harus pintar memanfaatkan ruang yang ada, termasuk dalam memilih tipe komputer yang Anda gunakan di rumah. Di era serba digital saat ini, komputer tampaknya telah menjadi sebuah perangkat yang wajib untuk Anda miliki.

Pada awalnya, komputer memiliki bodi yang sangat besar. Komputer pertama yang disebut ENIAC memiliki berat 27 ton dan memakan tempat 167 meter kuadrat. Perlahan tapi pasti, ukuran komputer terus mengecil. Hingga di tahun 2000-an, komputer portabel alias laptop mulai jadi populer. 

Laptop memang dapat menjadi salah satu opsi bagi Anda yang ingin memiliki komputer yang tidak boros tempat. Namun, saat menggunakan laptop, seseorang cenderung harus membungkuk. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa penggunaan laptop dalam waktu lama tidak disarankan, karena dapat membuat tulang leher atau punggung penggunanya sakit atau terluka. 

Alternatif lain dari laptop adalah dengan menggunakan nettop atau yang juga sering disebut mini PC. Komputer dengan bodi mungil ini pertama kali diperkenalkan oleh Intel di tahun 2008. Mini PC memiliki beberapa karakteristik khas, utamanya adalah bodinya yang kecil. 

Biasanya, sebuah mini PC memiliki ukuran yang cukup kecil sehingga ia bisa diletakkan di atas telapak tangan Anda. Karena itu, ia cocok untuk orang-orang yang tinggal di daerah perkotaan yang ingin menghemat tempat di rumah atau instansi yang memerlukan banyak komputer di ruangan yang tidak terlalu besar, seperti laboratorium sekolah.

ASUS Vivo Mini

Tidak hanya itu, mini PC juga lebih murah dan lebih hemat daya. Jika sebuah PC desktop biasanya membutuhkan daya sebesar 100 watt, mini PC dapat mengonsumsi daya tidak lebih dari 8 watt. Mini PC sudah cukup kuat untuk menjalankan tugas-tugas komputasi dasar seperti menjelajah internet, memutar konten multimedia atau pemprosesan dokumen. 

ASUS merupakan salah satu vendor PC yang membuat mini PC. Hingga sekarang, ASUS telah meluncurkan beberapa tipe mini PC, salah satunya adalah VivoMini UN65H. Meskipun ia adalah sebuah mini PC, ASUS menawarkan opsi Intel Core i7, i5 atau i3 sebagai prosesornya. Tidak hanya itu, VivoMini UN65H juga sudah menawarkan dukungan untuk fitur 4K/UHD.

Saat ini, ASUS VivoMini UN65H digunakan di beberapa instansi pendidikan. Salah satunya adalah Universitas Pelita Harapan Karawaci, Jakarta, dan Medan. Rencananya, mereka juga akan mengadopsi VivoMini UN65H untuk cabang di Surabaya dan Semarang.


(MMI)

Video /