BlackBerry Bakal Terus Dukung OS 10

Lufthi Anggraeni    •    Jumat, 07 Oct 2016 08:08 WIB
blackberry
BlackBerry Bakal Terus Dukung OS 10
BlackBerry menyebut tetap akan menghadirkan dukungan untuk sistem operasi BlackBerry 10.

Metrotvnews.com: Baru-baru ini, BlackBerry mengumumkan akan menghentikan pengembangan smartphone miliknya, namun akan tetap menyuguhkan software untuk konsumennya.

BlackBerry menyebut tetap akan menghadirkan dukungan bagi pengguna smartphone karyanya.

"Kami akan tetap mendukung sistem operasi BlackBerry 10. Sejumlah perusahaan telah menyatakan ketertarikannya untuk menghadirkan sistem operasi ini pada perangkat mereka. Jika model bisnis ini menunjukan hasil yang baik, kami akan bekerja sama dengan produsen pihak ketiga. Namun kami belum dapat memastikan rencana tersebut akan terwujud," ujar Senior VP BlackBerry, Alex Thurber pada wawancara terbaru.

BlackBerry berencana untuk memberikan lisensi pengembangan smartphone bersistem operasi OS10, namun menyebut segi software tetap akan ditangani oleh tim insinyurnya. CEO BlackBerry, John Chen, juga mengonfirmasi bahwa BlackBerry sangat berhati-hati dalam memilih rekan pengembang smartphone tersebut.

Chen mengungkap, BlackBerry ingin tetap terlibat dalam setiap tahap yang akan dijalankan oleh rekannya dalam pengembangan smartphone tersebut. BlackBerry DTEK50 menjadi salah satu perangkat yang telah menjalani proses ini.

BlackBerry DTEK50 menggunakan desain referensi dari TCL, namun Alcatel juga menjual perangkat dengan desain yang sama dengan sistem operasi Android, bernama Idol 4. Sejumlah pihak memprediksi perusahaan lain akan tertarik mendapatkan sistem operasi ini dalam rangka untuk menguji pasar, namun perusahaan tersebut bukanlah nama besar di ranah smartphone.

Selain dukungan untuk sistem operasi OS10, sebelumnya Chen juga memastikan bahwa keyboard QWERTY kebanggaan BlackBerry juga akan tetap tersedia di pasar. Di Indonesia, BlackBerry juga mengumumkan kerja sama dengan Tiphone Group dan membentuk joint venture baru.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.