Lewat ZAPA, Telkom Ingin Rangkul 10 Ribu UKM

Riandanu Madi Utomo    •    Rabu, 07 Sep 2016 18:19 WIB
telkom
Lewat ZAPA, Telkom Ingin Rangkul 10 Ribu UKM
Peluncuran aplikasi khusus UKM ZAPA di Jakarta, Rabu (7/9/2016). MTVN/DANU

Metrotvnews.com, Jakarta: Telkom Indonesia hari ini, Rabu (7/9/2016), meluncurkan ZAPA, aplikasi khusus untuk pelaku UKM.

Zapa sebenarnya merupakan aplikasi lama yang telah dirilis pada tahun 2014. Zapa kali ini hadir dengan fitur baru dan bisa digunakan via perangkat mobile. Telkom mengatakan, aplikasi ini akan menghubungkan jutaan pelaku UKM yang ada di indonesia.

“Pada akhir tahun 2014 lalu kami meluncurkan ZAPA, sebuah layanan Mobile Apps Customer Relationship Management untuk UKM Indonesia. Layanan ini dibuat untuk memudahkan para pelaku UKM dalam mencari info produk Telkom, info billing, Tracking Process Order, mencari UKM terdekat melalui fitur Near Me, dan lain-lain” ujar Direktur Enterprise & Business Service Telkom, Muhammad Awaluddin saat meluncurkan ZAPA hari ini.

Beberapa fitur baru yang menjadi andalan dari aplikasi ZAPA kali ini salah satunya adalah smart funding. Melalui fitur ini, pengguna bisa mengajukan dana kemitraan kepada Telkom lebih mudah, yaitu langsung dari aplikasi. Cara ini lebih mudah ketimbang sebelumnya, pelaku UKM harus datang ke kantor Telkom untuk mengajukan dana kemitraan.

Selain itu, terdapat juga fitur STARBOX yang dapaf dibeli secara langsung oleh pelaku UKM. STARBOX merupakan paket yang terdiri dari berbagai solusi dan program untuk menunjang kebutuhan. Paket STARBOX terdiri dari bundling produk wifi.id, Jarvis, sistem akuntansi dan bos toko yang dikemas menjadi layanan 3C (Connectivity, Content & Commerce).

Aplikasi ZAPA juga dilengkapi dengan fitur Kampung UKM Digital. Fitur ini memungkinkan pelaku UKM untuk membentuk sebuah komunitas yang digambarkan sebagai sebuah kampung UKM, sebagai wadah berinteraksi satu dengan yang lain. Pengguna non-UKM juga bisa mengaksesnya, dan mencari UKM yang lokasinya paling dekat dengan posisi pengguna.

Telkom sendiri menargetkan jumlah pengguna ZAPA sebanyak 10 ribu UKM di tahun 2016 ini. Telkom juga berharap bisa membantu percepatan perkembangan UKM di indonesia. ZAPA sendiri telah tersedia di platform Android dan dapat diunduh secara gratis mulai hari ini. Sementara platform lainnya akan menyusul.

“Kami optimis sampai akhir tahun 2016 ini dapat menggaet 10 ribu user new ZAPA dari berbagai channel. Telkom saat ini mempunyai 2,39 juta dari target 3 juta member Directory SmartBisnis, 1000 Kampung UKM Digital yang mempunyai 12 ribu member dan 10 ribu member Smart Funding,” lanjut Awaluddin.


(MMI)

Ini Cara Bedakan Galaxy Note 7 Lama dengan Versi Terbaru

Ini Cara Bedakan Galaxy Note 7 Lama dengan Versi Terbaru

3 days Ago

Melalui situs resminya, Samsung memberitahukan pihaknya telah memberikan tanda khusus untuk mem…

BERITA LAINNYA
Video /