Lebaran 2017, Aplikasi Pengirim Pesan Gantikan SMS dan Telepon

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 28 Jun 2017 10:41 WIB
xltelekomunikasimudik lebaran 2017
Lebaran 2017, Aplikasi Pengirim Pesan Gantikan SMS dan Telepon
Ilustrasi mudik. (ANTARA / M Agung Rajasa / ip)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pada periode 1 minggu antara 20-27 Juni, trafik data XL mengalami kenaikan 15 persen jika dibandingkan dengan hari-hari biasa. Sementara jika dibandingkan dengan waktu yang sama tahun lalu, periode H-5 sampai H+2 tahun ini menunjukkan peningkatan trafik data sebesar 218 persen. 

XL menyebutkan, kenaikan ini diakibatkan oleh perluasan layanan 4G dan 3G 900 mereka serta semakin banyaknya pelanggan yang menggunakan layanan data, khususnya media sosial. Tidak heran jika trafik data selama lebaran naik, mengingat semakin banyak orang yang menggunakan layanan data untuk berkomunikasi, mulai dalam bentuk teks hingga video call

"Hingga saat ini hampir tidak ada gangguan yang berarti terjadi di jaringan kami untuk semua jenis layanan, baik Data, SMS, juga voice, meski terjadi kenaikan trafik yang cukup signifikan. Semua persiapan kami telah berjalan sesuai dengan rencana, termasuk mengenai penambahan kapasitas jaringan hingga 2x lipat," ujar Chief Service Management Officer XL Axiata, Yessie D. Yosetya. 

Selama lebaran, media sosial juga semakin sering diakses. Facebook misalnya, mengalami peningkatan tertinggi dengan angka 50 persen, disusul oleh Instagram dengan angka 20 persen dan YouTube sebesar 17 persen. Selain media sosial, trafik layanan Google seperti Maps juga meningkat.

Trafik Google Maps dan aplikasi peta lain, Waze, meningkat mencapai lebih dari 135 persen. Alasannya adalah karena banyak pemudik yang mencari tahu tentang kondisi jalan ketika mereka dalam perjalanan pulang kampung. 

Seiring dengan meningkatnya penggunaan aplikasi messaging dan media sosial, semakin sedikit orang yang menggunakan SMS. Kebutuhan masyarakat untuk mengucapkan selama hari raya Idul Fitri membuat penggunaan aplikasi pengirim pesan -- seperti WhatsApp, LINE dan Facebook Messenger -- meningkat 46,5 persen. Sementara layanan VoIP Call naik sekitar 9 persen, menunjukkan bahwa layanan voice atau telepon pun mulai tergantikan.

Sebagai asal pemudik, tidak heran jika jumlah pelanggan di Jabodetabek selama lebaran menurun 23 persen. Sebaliknya, di tempat-tempat yang menjadi tujuan mudik justru mengalami peningkatan. Misalnya pelanggan di Jawa Barat naik 13,5 persen, Jawa Tengah dan DI Yogyakarta naik 22 persen dan Jawa Timur naik 10,5 persen. 


(MMI)

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2
Review Smartphone

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2

2 weeks Ago

Xiaomi masuk industri smartphone selfie dengan merilis Xiaomi Redmi S2. Begini performanya. …

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.