Lebaran 2017, Aplikasi Pengirim Pesan Gantikan SMS dan Telepon

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 28 Jun 2017 10:41 WIB
xltelekomunikasimudik lebaran 2017
Lebaran 2017, Aplikasi Pengirim Pesan Gantikan SMS dan Telepon
Ilustrasi mudik. (ANTARA / M Agung Rajasa / ip)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pada periode 1 minggu antara 20-27 Juni, trafik data XL mengalami kenaikan 15 persen jika dibandingkan dengan hari-hari biasa. Sementara jika dibandingkan dengan waktu yang sama tahun lalu, periode H-5 sampai H+2 tahun ini menunjukkan peningkatan trafik data sebesar 218 persen. 

XL menyebutkan, kenaikan ini diakibatkan oleh perluasan layanan 4G dan 3G 900 mereka serta semakin banyaknya pelanggan yang menggunakan layanan data, khususnya media sosial. Tidak heran jika trafik data selama lebaran naik, mengingat semakin banyak orang yang menggunakan layanan data untuk berkomunikasi, mulai dalam bentuk teks hingga video call

"Hingga saat ini hampir tidak ada gangguan yang berarti terjadi di jaringan kami untuk semua jenis layanan, baik Data, SMS, juga voice, meski terjadi kenaikan trafik yang cukup signifikan. Semua persiapan kami telah berjalan sesuai dengan rencana, termasuk mengenai penambahan kapasitas jaringan hingga 2x lipat," ujar Chief Service Management Officer XL Axiata, Yessie D. Yosetya. 

Selama lebaran, media sosial juga semakin sering diakses. Facebook misalnya, mengalami peningkatan tertinggi dengan angka 50 persen, disusul oleh Instagram dengan angka 20 persen dan YouTube sebesar 17 persen. Selain media sosial, trafik layanan Google seperti Maps juga meningkat.

Trafik Google Maps dan aplikasi peta lain, Waze, meningkat mencapai lebih dari 135 persen. Alasannya adalah karena banyak pemudik yang mencari tahu tentang kondisi jalan ketika mereka dalam perjalanan pulang kampung. 

Seiring dengan meningkatnya penggunaan aplikasi messaging dan media sosial, semakin sedikit orang yang menggunakan SMS. Kebutuhan masyarakat untuk mengucapkan selama hari raya Idul Fitri membuat penggunaan aplikasi pengirim pesan -- seperti WhatsApp, LINE dan Facebook Messenger -- meningkat 46,5 persen. Sementara layanan VoIP Call naik sekitar 9 persen, menunjukkan bahwa layanan voice atau telepon pun mulai tergantikan.

Sebagai asal pemudik, tidak heran jika jumlah pelanggan di Jabodetabek selama lebaran menurun 23 persen. Sebaliknya, di tempat-tempat yang menjadi tujuan mudik justru mengalami peningkatan. Misalnya pelanggan di Jawa Barat naik 13,5 persen, Jawa Tengah dan DI Yogyakarta naik 22 persen dan Jawa Timur naik 10,5 persen. 


(MMI)

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah
Review Smartphone

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah

1 week Ago

Huawei Nova 2i dilengkapi dengan 4 kamera. Inilah ulasan lengkap performanya. 

BERITA LAINNYA
Video /