Helio P23 dan Helio P30, Dua Prosesor Baru MediaTek

Mohammad Mamduh    •    Rabu, 30 Aug 2017 10:19 WIB
mediatek
Helio P23 dan Helio P30, Dua Prosesor Baru MediaTek
Ilustrasi: Anandtech

Metrotvnews.com: Jika Anda terbiasa menggunakan smartphone dengan harga menengah ke bawah, maka kemungkinan besar Anda sadar bahwa ponsel tersebut mengadopsi prosesor buatan MediaTek. Perusahaan teknologi asal Taiwan itu baru saja mengumumkan dua prosesor anyar, Helio P23 dan Helio P30.

Berdasarkan keterangan resmi pihak MediaTek, kedua prosesor mobile ini siap menyasar ponsel kelas menengah. Helio P23 dan Helio P30 adalah prosesor octa-core, yang dibuat dengan arsitektur utama ARM Cortex-A53 @2,3GHz dan GPU Mali-G71 MP2.

Dari segi kecepatan prosesor, keduanya tidak memiliki perbedaan. Kecepatan GPU menjadi salah satu pembedanya, dengan Helio P23 menggunakan Mali-G71 MP2 berkecepatan 770MHz, sementara Helio P30 mengadopsi GPU yang sama dengan kecepatan 950MHz.

Kedua prosesor terbaru ini mengadopsi teknologi CorePilot 4.0, yang diklaim mampu memantau suhu panas saat beroperasi. Pihak MediaTek mengatakan, fitur ini untuk memastikan prosesor secara konsisten menghadirkan performa yang konsisten, sekalipun suhunya cukup panas.

Untuk aspek kamera, baik Helio P23 dan Helio P30 telah mendukung teknologi Imagiq 2.0, yang diklaim sanggup mengurangi efek sudut lancip. Imagiq 2.0 juga diklaim sanggup menghapus noise untuk foto selfie. Salah satu perbedaan dari kedua prosesor ini adalah dukungan dua kamera belakang 16MP untuk Helio P30, dan 13MP untuk Helio P23.

MediaTek juga memasang kontrol kamera khusus yang meningkatkan kemampuan long exposure dan efisiensi daya mencapai sepersepuluh dari konsumsi daya kamera standar.

Terkait konektivitas, Helio P23 dan Helio P30 menopang penggunaan dua SIM 4G dan komunikasi via VoLTE. Dalam keterangan resmi yang dikutip dari Digital Trends, prosesor ini mendukung kecepatan unduh 300Mbps dan unggah 150Mbps.

“Masuk ke pasar menengah berarti memberikan perangkat yang lebih terjangkau kepada konsumen, tentunya dengan fitur terkini seperti dua kamera dan konektivitas 4G LTE,” kata TL Lee, General Manager Wireless Communication.

Helio P23 dan Helio P30 dijadwalkan tersedia tahun ini. Halio P30 akan meluncur pada kuartal ketiga, dan Tiongkok akan menjadi pasar pertama yang disambangi.


(MMI)

Vivo V7+, Layar Luas Manjakan Pecinta Selfie
Review Smartphone

Vivo V7+, Layar Luas Manjakan Pecinta Selfie

2 days Ago

Vivo V7 Plus kembali mengunggulkan kemampuan kamera depan, yang diklaim mampu memanjakan penggu…

BERITA LAINNYA
Video /