Speaker Cerdas Xiaomi Dihargai Rp600 Ribu

Lufthi Anggraeni    •    Kamis, 27 Jul 2017 11:12 WIB
xiaomi
Speaker Cerdas Xiaomi Dihargai Rp600 Ribu
Xiaomi turut merambah ranah speaker cerdas dengan meluncurkan Xiaomi Mi AI Speaker.

Metrotvnews.com: Bersamaan dengan MIUI 9 dan Mi 5X, Xiaomi turut mengumumkan speaker cerdas karyanya, menjadikannya sebagai perusahaan terbaru yang merambah ranah perangkat tersebut.

Speaker cerdas yang mengusung nama Mi AI Speaker ini dilengkapi dengan fitur pengendalian suara dan memungkinkan pengguna untuk mengendalikan produk cerdas lainnya melalui perintah suara, seperti tombol lampu atau perangkat multimedia.

Dalam hal desain, speaker cerdas Xiaomi ini hadir dengan desain menyerupai Amazon Echo. Ia memiliki cincin lampu berbagai warna di bagian atas speaker yang menyala saat speaker aktif, seperti yang dilaporkan Phone Arena.

Selain itu, Xiaomi turut membekali speaker ini dengan total 6 mikrofon omnidrectional, yang diklaim mampu menangkap suara dari jarak hingga 16 meter. Perangkat ini juga dilengkapi dengan tiga speaker, yang diklaim Xiaomi dapat menyuguhkan audio berkualitas.

Satu speaker tersebut terletak di bagian dasar perangkat, sementara dua lainnya di bagian sisi. Selain mampu memutar musik, buku audio dan radio, Mi AI Speaker juga dapat terintegrasi dengan plugins, memungkinkannya menerima telepon, menyampaikan notifikasi dan pengingat.

Xiaomi juga menyebut speaker akan didukung oleh perpustakaan online besar dengan konten streaming. Perangkat ini ditawarkan seharga CNY299 atau setara USD45 (Rp600 ribu), meski belum tersedia informasi terkait pasar yang akan disapa speaker ini.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.