Ingin Kembangkan Developer Lokal, Samsung Gelar Next Apps 4.0

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 07 Aug 2017 12:00 WIB
samsung
Ingin Kembangkan Developer Lokal, Samsung Gelar Next Apps 4.0
(ki-ka) Dwarastra T. Citta, Mobile Business Product Marketing Content & Services Samsung Electronics Indonesia; Risman Adnan, Director Software Development Samsung Research Indonesia; Dolly Surya, Manager Marketing Content and Service Samsung Indonesia.

Metrotvnews.com, Jakarta: Samsung Electronics Indonesia mengadakan program Indonesia Next Apps (INA), yaitu kegiatan tahunan yang bertujuan untuk mengembangkan developer lokal dengan mengadakan workshop dan tantangan untuk membuat aplikasi yang bermanfaat untuk masyarakat. 

"Indonesia Next Apps ini merupakan bentuk kepedulian Samsung dalam mengembangkan developer lokal melalui pembekalan teknis yang memberikan materi – materi teknis agar mampu menghasilkan aplikasi yang bermanfaat untuk kehidupan masyarakat Indonesia," kata Denny Gallant, IT & Mobile Product Marketing Head Samsung Electronics Indonesia. 

Ini adalah tahun ke-4 Samsung mengadakan INA. Pada Indonesia Next Apps 4.0, Samsung memberikan tantangan di beberapa kategori, yaitu kategori aplikasi Tizen Smartphone, Tizen Wearable, konten Gear VR, Samsung SDK (Software Development Kit) dan aplikasi berbasis industri.

"Setiap tahun peserta INA semakin tinggi antusiasme peserta mendaftarkan aplikasi kreatif mereka, sehingga kami berharap lebih dari 500 aplikasi baru didaftarkan untuk menjawab tantangan yang diberikan tahun ini," ujar Denny.

INA 4.0 dibuka pada 25 Juli dengan diadakannya workshop di Semarang. Tidak berhenti sampai di situ, Samsung kemudian mengadakan workshop di beberapa kota besar lainnya, seperti yaitu Yogyakarta, Malang, Surabaya, Jakarta, Bandung, Medan dan Makasar. Selain workshop, di setiap kota tersebut, Samsung juga mengadakan diskusi teknis yang disebut Code Night. 

Acara puncak dari Indonesia Next Apps 4.0 akan diadakan pada bulan Oktober. Dalam Malam Penghargaan tersebut, juga akan diadakan Penilaian Akhir untuk mencari aplikasi terbaik yang dikirimkan oleh para developer

"Kami berharap dukungan dari partner INA dan hadiah senilai total lebih dari 600 juta rupiah dapat membuat para developer semakin bersemangat menciptakan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan industri dan masyarakat Indonesia," ujar Denny. 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.