Xiaomi Mi A1 Sudah Bisa Diburu Konsumen Indonesia, Harga Rp3 Juta

Cahyandaru Kuncorojati    •    Rabu, 20 Sep 2017 12:53 WIB
xiaomi
Xiaomi Mi A1 Sudah Bisa Diburu Konsumen Indonesia, Harga Rp3 Juta
Xiaomi Mi A1 meluncur di Indonesia

Metrotvnews.com, Jakarta: Dua minggu sudah Xiaomi merilis Mi A1 di India. Sesuai janji, kini Xiaomi Mi A1 sudah bisa diburu di Indonesia mulai hari ini Rabu (20/9/2017).

Xiaomi Mi A1 tengah jadi incaran pengguna smartphone yang sudah mengenal ciri khas dari merek tersebut, menawarkan produk dengan kemmpuan setara perangkat segmen premium, tapi dibanderol dengan harga yang terjangkau.

Berlokasi di Senayan City Mall, Jakarta, Director of Product Management & Marketing Xiaomi Global Donovan Sung di awal presentasinya menampilkan tiga kelebihan yang ditawarkan oleh Xiaomi Mi A1. "Premium Design: Big Display, Dual Camera, Full Metal Body".

Xiaomi Mi A1 adalah hasil kerja sama Xiaomi dengn Google lewat proyek Android One, sehingga perangkat ini tidak menggunakan antarmuka MIUI melainkan Android murni, berbeda dengan saudara-saudaranya yang selama ini telah dirilis.

Terlepas dari perbedaan identitas Xiaomi Mi A1 tersebut, perangkat ini membawa spesifikasi mumpuni yang mampu membuat smartphone proyek Android One bersaing langsung dengan smartphone lain di segmen flagship atau high end.

Xiaomi Mi A1 memiliki kamera belakang ganda dengan resolusi masing-masing 12MP, satu lensa wide angle dan satu lensa telephoto. Hasil yang ditawarkan oleh kamera ganda ini adalah foto yang diklaim punya warna presisi dan tajam, serta tidak ketinggalan tampilan dengan efek bokeh.



Kamera belakang ganda tersebut memungkinkan  kamera melakukan 2x optical zoom dan 10x optical zoom. Ponsel tersebut juga sudah dilengkapi dengan dual-flash. Untuk kamera depan, ia dipersenjatai dengan kamera 5MP.

Untuk memperkuat klaim tersebut, Donovan memperlihatkan perbandingan hasil foto bokeh kamera Xiaomi Mi A1 dengan iPhone 7 Plus. Bahkan saat peluncuran di India, Donovan juha membandingkannya dengan hasil foto dari OnePlus 5.

Xiaomi Mi A1 yang kini mengadopsi Android 7.1.2 Nougat dijanjikan tidak hanya segera mendapatkan Android 8 Oreo tetapi juga menjadi salah satu smartphone pertama yang mencicipi Android P ketika sudah dirilis nanti. 

Xiaomi Mi A1 membawa layar lengkung 2,5D berukuran 5,5 inci Full HD. Dapur pacunya diisi prosesor Qualcomm Snapdragon 625 octa-core 2GHz dengan dukungan RAM 4GB dan memori internal 64GB serta baterai berkapasitas 3.080 mAh.

Xiaomi Mi A1 akan dijul dengan sistem flash sale lewat LAZADA pada tanggal 2 Oktober dan lewat ritel Erajaya Group di tanggal 6 Oktober 2017 seharga Rp3.099.000.


(MMI)

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2
Review Smartphone

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2

2 weeks Ago

Xiaomi masuk industri smartphone selfie dengan merilis Xiaomi Redmi S2. Begini performanya. …

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.