Rudiantara Bawa Digitalisasi Masjid di Rakernas DMI

Mohammad Mamduh    •    Minggu, 25 Nov 2018 07:52 WIB
kominfoteknologi
Rudiantara Bawa Digitalisasi Masjid di Rakernas DMI
?Rudiantara Bawa Digitalisasi Masjid di Rakernas DMI

Jakarta: Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I DMI pada 23-25 November 2018, di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta.

Kegiatan ini mengangkat tema 'Penguatan Implementasi Program DMI untuk Memakmurkan dan Dimakmurkan Masjid'. Acara yang sedang berlangsung selama tiga hari ini, dibuka oleh Wakil Presiden RI, HM Muhammad Jusuf Kalla selaku Ketua Umum PP DMI.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI, Rudiantara, yang juga Ketua PP DMI, menyampaikan beberapa hal yang menarik, seperti Program Akustik Masjid, Aplikasi Dewan Masjid, Masjid Berinovasi-Indonesia Berinovasi, Arsitektur Masjid, dan rehabilitasi masjid korban gempa/ tsunami Sulteng NTB.

Hal yang menarik terkait Digitalisasi Masjid adalah implementasi aplikasi Dewan Masjid. Salah satu contoh yang sudah ada yaitu Kabupaten Bone Sulawesi Selatan yang menerapkan Dai online, memanggil Dai dari aplikasi Dewan Masjid.

Ia meminta kepada seluruh pimpinan wilayah maupun daerah, sesuai arahan Ketum DMI, untuk terus mengumpulkan data masjid dan data dai ke aplikasi Dewan Masjid. Bakal ada reward khusus 2019 dari DMI untuk Pengurus Wilayah, Pengurus/Remaja Masjid, dan juga untuk dai itu sendiri.

“Inilah konsep bagaimana kita memakmurkan dan dimakmurkan masjid untuk masyarakat dan lingkungan,” kata Rudiantara.

Selain itu, untuk mendukung akselerasi Digitalisasi Masjid melalui aplikasi Dewan Masjid, DMI juga menggelar Program Masjid Berinovasi-Indonesia Berinovasi.

Bersama anak-anak muda PRIMA DMI di seluruh Indonesia, diharapkan 800.000 data masjid akan terkumpul dalam waktu dekat dan dapat melahirkan banyak dai nasional yang bermanfaat.

Melalui pemanfaatan aplikasi Dewan Masjid ini, juga diharapkan melahirkan banyak inovator-inovator lokal dari masjid.

“Kita juga sedang membuat program pedoman perancangan Masjid yang akan menjadi ciri khas Masjid di Indonesia, dan pedoman perancangan Masjid tahan gempa. Terlebih kita baru saja mengalami bencana di Sulteng dan NTB,” pungkas Rudiantara.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.