Hacker Printer Pendukung PewDiePie Kembali Beraksi

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 17 Dec 2018 15:54 WIB
cyber security
Hacker Printer Pendukung PewDiePie Kembali Beraksi
PewDiePie.

Jakarta: Hacker mengambil alih kendali atas banyak printer di dunia. Ini adalah serangan terbaru dari sekumpulan serangan yang menargetkan printer. Namun, ini pertama kalinya sang penyerang mengatakan bahwa mereka juga bisa merusak printer.

Serangan pada printer pertama kali dilakukan pada bulan lalu. Seseorang mengklaim bahwa mereka telah meretas 50 ribu printer untuk membuat poster mendukung vlogger favorit mereka, PewDiePie.

Dalam serangan terbaru ini, hacker juga membuat printer mencetak permintaan untuk mendukung sang YouTuber. Selain itu, mereka juga meminta para korban memperbaiki sistem keamanan pada printer mereka.

"Saya telah berusaha untuk menunjukkan bahwa 'peretasan' bukanlah permainan, ini bisa menyebabkan konsekuensi di dunia nyata," kata sang hacker pada BBC secara anonim di dunia online.

"Kami ingin agar semua orang memerhatikan hal ini karena menyebabkan kerusakan di dunia nyata adalah hal yang sangat mungkin terjadi."

Dia lalu menjelaskan bahwa celah keamanan pada firmware printetr berarti dia bisa terus memasukkan data baru ke chip pada printer.

"Chip-chip ini bisa 'menulis' berkali-kali tanpa batas," katanya. "Jika Anda terus menerus melakukan looping, chip akan terbakar dan printer tidak akan bisa bekerja."

Selain kehilangan printer, serangan ini juga bisa menyebabkan ancaman lain. "Masalah yang terjadi tidak hanya pada produk yang dicetak, kami juga bsia mengambil dokumen sensitif ketika ia dicetak atau memodifikasi dokumen ketika ia dicetak," kata sang hacker.

Meskipun sang hacker bisa memutuskan negara mana yang dia serang. Masih belum diketahui apakah dia bisa melakukan serangan yang menargetkan seseorang atau perusahaan spesifik. Dia mengklaim, dia telah mengirimkan pesan terbarunya pada lebih dari 100 ribu mesin.

Sejauh ini, orang-orang dari Inggirs, Amerika Serikat, Argentina, Spanyol, Australia, dan Chili telah mengunggah hasil cetakan printer yang terbajak ke media sosial.

Pesan yang dicetak adalah permintaan untuk mengikuti kanal PewDiePie di YouTube. Sejak 2013, kanal itu adalah kanal dengan jumlah pengikut terbanyak. Saat ini, dia memiliki lebih dari 77 juta pengikut.

Namun, belum lama ini, kanal T-Series, studio film dan label musik, memiliki jumlah pengikut yang hampir menyamai PewDiePie. Ini mendorong para penggemar YouTuber tersebut mencari pengikut baru.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.