Samsung Jadi Tukang Produksi Snapdragon 830?

Riandanu Madi Utomo    •    Selasa, 18 Oct 2016 10:30 WIB
samsung
Samsung Jadi Tukang Produksi Snapdragon 830?
Samsung akan buat prosesor Snapdragon 830?

Metrotvnews.com: Samsung dilaporkan segera membuat prosesor 10nm pertama.

Dengan demikian, raksasa elektronik Korea Selatan ini akan mengungguli Intel dan para pembuat chip lainnya dalam mengembangkan prosesor generasi terbaru.

Sebagai perbandingan, prosesor yang akan dibuat oleh Samsung kali ini akan memiliki transistor yang hanya berukuran 10nm atau 50 kali lebih besar dari atom silicon yang berukuran 0,2nm.

Menurut Engadget, Samsung akan menggunakan teknologi pemrosesan 10nm FinFET untuk membuat prosesor ini. Tidak hanya itu desain dan arsitektur prosesor Samsung tersebut juga dikabarkan telah lebih dioptimalisasi.

Samsung bahkan mengklaim bahwa prosesor barunya akan menghadirkan peningkatan performa sebesar 27 persen dan penurunan penggunaan daya hingga 40 persen. Tentunya ini akan menjadi berita baik bagi para produsen ponsel.

Samsung mengatakan generasi pertama prosesor buatannya kali ini akan segera hadir di awal tahun 2017. Sementara generasi keduanya akan dirilis pada pertengahan tahun 2017 mendatang.

Meski tidak menyebutkan untuk siapa Samsung membuat prosesor ini, menurut laporan Korea Electronic Times, Samsung tengah menjalin kerja sama eksklusif dengan Qualcomm, dan prosesor ini dikabarkan merupakan Snapdragon 830.

Jika laporan tersebut benar, maka prosesor 10nm pertama akan segera diadopsi oleh para pembuat ponsel dan tahun depan ponsel tersebut telah bisa didapatkan di pasar. Prosesor ini juga mungkin akan menjadi otak dari penerus Galaxy S7, atau bahkan pengganti dari Galaxy Note 7.

Sebelum menggunakan teknologi 10nm, Samsung menggunakan teknologi 14nm. Samsung pertama kali memperkenalkan prosesor yang menggunakan teknologi 14nm FinFET pada bulan Februari tahun lalu. Prosesor itu adalah Exynos 7420, yang merupakan prosesor octa-core untuk segmen premium.

Sejak saat itu, Samsung terus berusaha untuk memodifikasi teknologi mereka. Seperti yang disebutkan oleh ZDNet, Samsung mulai membuat prosesor dengan teknologi 14nm generasi kedua di awal tahun ini. Ketika itu, mereka juga membuat prosesor untuk Qualcomm.

Menurut Ars Technica, prosesor Exynos milik Samsung selalu menjadi prosesor pertama yang memanfaatkan proses manufaktur baru mereka. Namun, banyak perusahaan pembuat prosesor lainnya yang menggunakan pabrik Samsung untuk membuat prosesor, seperti Qualcomm.

Baik Snapdragon 820 dan 821 dari Qualcomm dibuat menggunakan proses 14nm. Sebelum ini, Apple juga telah memanfaatkan jasa Samsung untuk membuat prosesor seri-A mereka, meski belakangan, Apple juga menjadi klien TSMC, pesaing utama Samsung.


(MMI)