Masih Banyak Perusahaan yang Belum Gunakan Strategi Digital

Riandanu Madi Utomo    •    Minggu, 16 Oct 2016 19:51 WIB
sap
Masih Banyak Perusahaan yang Belum Gunakan Strategi Digital
Hanya satu dari lima perusahaan di seluruh dunia telah menerapkan strategi digital

Metrotvnews.com, Jakarta: Penerapan strategi digital di lingkungan perusahaan ternyata masih jarang ditemukan.

Riset terbaru oleh SAP bekerja sama dengan The Economist Intelligence Unit (EIU) menemukan hanya satu dari lima perusahaan di seluruh dunia telah menerapkan strategi digital yang mencakup seluruh bagian perusahaan.

Dalam riset yang dirangkum pada laporan "Digitalisasi IT" tersebut, SAP menemukan masih ada kesenjangan yang signifikan bagi perusahaan dalam mempersiapkan dan melaksanakan strategi digital yang sepenuhnya mengintegrasi fungsi-fungsi keuangan, operasional, dan fungsi strategis lainnya. 

Sementara itu, perusahaan di kawasan Asia-Pasifik justru lebih paham dengan pentingnya strategi digital, dengan hampir satu dari tiga perusahaan melaporkan kemajuan yang signifikan dalam penerapan digitalisasi di lingkungan perusahaan.

Temuan ini cukup menarik karena seharusnya perusahaan multinasional saat ini sudah mulai menggunakan digitalisasi seluruhnya di lingkungan perusahaan.

"Transformasi digital adalah hal penting yang baru ? tidak lagi hanya merupakan sumber diferensiasi kompetitif tapi kewajiban bagi setiap perusahaan, di setiap industri dan di setiap geografi," ujar CIO SAP, Thomas Saueressig. 

Riset kali ini juga melibatkan survey dari 812 eksekutif senior di perusahaan multinasional. Survey tersebut dilakukan untuk meneliti tantangan dan peluang yang dihadapi departemen IT dalam konteks digital.

Hampir setengah dari yang disurvei (49 persen) adalah eksekutif IT, dan sisanya berasal dari berbagai departemen termasuk penjualan, pemasaran, sumber daya manusia dan keuangan.


(MMI)