Masih Banyak Perusahaan yang Belum Gunakan Strategi Digital

Riandanu Madi Utomo    •    Minggu, 16 Oct 2016 19:51 WIB
sap
Masih Banyak Perusahaan yang Belum Gunakan Strategi Digital
Hanya satu dari lima perusahaan di seluruh dunia telah menerapkan strategi digital

Metrotvnews.com, Jakarta: Penerapan strategi digital di lingkungan perusahaan ternyata masih jarang ditemukan.

Riset terbaru oleh SAP bekerja sama dengan The Economist Intelligence Unit (EIU) menemukan hanya satu dari lima perusahaan di seluruh dunia telah menerapkan strategi digital yang mencakup seluruh bagian perusahaan.

Dalam riset yang dirangkum pada laporan "Digitalisasi IT" tersebut, SAP menemukan masih ada kesenjangan yang signifikan bagi perusahaan dalam mempersiapkan dan melaksanakan strategi digital yang sepenuhnya mengintegrasi fungsi-fungsi keuangan, operasional, dan fungsi strategis lainnya. 

Sementara itu, perusahaan di kawasan Asia-Pasifik justru lebih paham dengan pentingnya strategi digital, dengan hampir satu dari tiga perusahaan melaporkan kemajuan yang signifikan dalam penerapan digitalisasi di lingkungan perusahaan.

Temuan ini cukup menarik karena seharusnya perusahaan multinasional saat ini sudah mulai menggunakan digitalisasi seluruhnya di lingkungan perusahaan.

"Transformasi digital adalah hal penting yang baru ? tidak lagi hanya merupakan sumber diferensiasi kompetitif tapi kewajiban bagi setiap perusahaan, di setiap industri dan di setiap geografi," ujar CIO SAP, Thomas Saueressig. 

Riset kali ini juga melibatkan survey dari 812 eksekutif senior di perusahaan multinasional. Survey tersebut dilakukan untuk meneliti tantangan dan peluang yang dihadapi departemen IT dalam konteks digital.

Hampir setengah dari yang disurvei (49 persen) adalah eksekutif IT, dan sisanya berasal dari berbagai departemen termasuk penjualan, pemasaran, sumber daya manusia dan keuangan.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.