Snapchat Selangkah Lagi Jadi Perusahaan Publik

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 16 Nov 2016 14:22 WIB
media sosialsnapchat
Snapchat Selangkah Lagi Jadi Perusahaan Publik
Kreator Snapchat tengah mengajukan untuk melakukan IPO. (AFP PHOTO / LIONEL BONAVENTURE)

Metrotvnews.com: Snap Inc., perusahaan pembuat Snapchat, secara diam-diam telah memulai proses penawaran umum perdana (IPO), menurut laporan Bloomberg. Perusahaan itu berharap akan mendapatkan dana hingga USD4 miliar (Rp53,4 triliun), yang akan membuat nilai perusahaannya naik menjadi sekitar USD25 - 35 miliar (Rp334 - 467,6 triliun).

Penawaran umum perdana yang dilakukan secara diam-diam ini -- yang juga dilakukan oleh Twitter pada tahun 2013 -- menunjukkan bahwa pendapatan tahunan Snap Inc masih di bawah USD1 miliar (Rp13,4 triliun), yang sesuai dengan perkiraan iklan yang didapat dari perusahaan itu. Menurut Reuters, paling cepat, Snap Inc. akan menyelesaikan IPO ini pada bulan Maret.

The Verge melaporkan, keputusan Snap Inc. untuk menjadi perusahaan publik akan menjadi perubahan terbesar dalam sejarah mereka. Dengan melakukan IPO, Snap Inc. dapat mendapatkan modal lebih banyak sehingga mereka bisa bersaing dengan lebih baik menghadapi raksasa-raksasa di media sosial atau aplikasi messaging seperti Facebook dan Google.

Pada bulan Mei, nilai Snap Inc. diperkirakan mencapai USD18 miliar (Rp240 triliun). Jika mereka berhasil melakukan IPO, maka nilai kreator Snapchat tersebut dapat meroket, memastikan aplikasi Snapchat tidak akan menghilang begitu saja. 

Ada alasan mengapa Snap Inc. ingin segera melakukan IPO. Saat ini, Snapchat adalah salah satu ancaman terbesar bagi Facebook untuk mendominasi media sosial. Tiga tahun lalu, CEO Snap Inc. Eval Spiegel menolak tawaran akuisisi oleh CEO Facebook Mark Zuckerberg. Sejak saat itu, kedua perusahaan ini terus bersaing untuk mendapatkan hati para pengguna remaja.


(MMI)

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power
Review Smartphone

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power

1 week Ago

LG X Power memang memiliki baterai yang awet dan dapat mengisi baterai dengan cepat. Sayangnya,…

BERITA LAINNYA
Video /