Qualcomm Teken Kerja Sama Rp162,6 Triliun dengan 3 Vendor Ponsel Tiongkok

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Sabtu, 11 Nov 2017 12:41 WIB
qualcommpenghayat kepercayaan
Qualcomm Teken Kerja Sama Rp162,6 Triliun dengan 3 Vendor Ponsel Tiongkok
Qualcomm mengumumkan perjanjian kerja sama dengan 3 vendor Tiongkok. (Ethan Miller / Getty Images / AFP)

Metrotvnews.com: Qualcomm telah menandatangani perjanjian senilai USD12 miliar (Rp162,6 triliun) dengan 3 perusahaan pembuat perangkat mobile asal Tiongkok. Hal ini diumumkan ketika Presiden Amerika Serikat Donald Trump berkunjung ke Beijing. 

Qualcomm menandatangani 3 nota kesapahaman (MOU) yang tak mengikat untuk menjual komponen selama lebih dari 3 tahun pada pembuat smartphone asal Tiongkok, yaitu Xiaomi, OPPO dan Vivo, ungkap perusahaan pada hari Kamis, lapor Reuters.

Perjanjian itu merupakan bagian dari sekumpulan perjanjian dagang antara perusahaan AS dan Tiongkok dengan nilai lebih dari USD250 miliar (Rp3.388 triliun) yang diumumkan ketika Trump berkunjung ke Tiongkok.

Trump sejak lama telah berusaha untuk menurunkan hubungan perdagangan antara AS dengan Tiongkok.

Qualcomm, yang mendapatkan lebih dari setengah penghasilannya di Tiongkok, menjadi target akuisisi Broadcom minggu ini. Tidak hanya itu, mereka juga harus menghadapi Apple di meja hijau.

CEO Qualcomm, Steve Mollenkopf berkata bahwa Qualcomm memiliki sejarah panjang bekerja sama dengan ketiga perusahaan asal Tiongkok itu. Dia menambahkan, kerja sama ini sejalan dengan ambisi Tiongkok untuk mendorong industri lokal mereka.

"Kami akan terus melanjutkan komitmen kami untuk menanamkan investasi dan membantu pengembangan industri semikonduktor dan perangkat mobile Tiongkok," kata Mollenkopf. 


(MMI)