Google Garap Ponsel Android Khusus YouTube?

Lufthi Anggraeni    •    Selasa, 28 Nov 2017 10:35 WIB
youtubegoogle
Google Garap Ponsel Android Khusus YouTube?
Survei yang dilakukan Google mengindikasikan rencananya untuk mengembangkan smartphone edisi khusus YouTube.

Jakarta: Google tengah mengirimkan survey kepada pemilik ponsel, menanyakan pendapat terkait ponsel yang dirancang khusus untuk menjadikan YouTube lebih cepat dan lebih mudah untuk digunakan.

Kehadiran survei tersebut tidak menjamin bahwa Google tengah mengembangkan ponsel edisi khusus YouTube, namun mengindikasikan bahwa perangkat serupa tengah didiskusikan di kantor pusat Google di Mountain View, California.

Salah satu fitur yang disebutkan pada survei tersebut disebut dengan nama "You Twist". Dengan mengubah posisi ponsel menjadi landscape, pengguna dapat melihat daftar video YouTube yang disarankan untuk pengguna.

Fitur lainnya disebut dengan nama "You Capture", terdiri dari tombol khusus yang jika ditekan akan mengakses YouTube dan merekam video. Pengguna juga akan dapat menciptakan konten serupa Instagram Stories, bernama Creator Connect, yang akan muncul di bagian atas homescreen.

Thumbnail video langsung akan muncul pada halaman lockscreen, memungkinkan pengguna mengetuknya dan secara langsung terhubung ke YouTube Live.

Menurut survei, YouTube Edition atau YouTube Edition by Android One, akan hadir dengan layar 6,01 inci berasio aspek 18:9 dan beresolusi 1080 x 2160 piksel.

Perangkat ini akan didukung oleh prosesor 2,2GHz, RAM 4GB, dan ruang penyimpanan internal 32GB/64GB, serta baterai berkapasitas 3.700 mAh dan kamera belakang ganda bersensor 12MP dan 5MP. Untuk kamera depan, perangkat ini disebut berbekal kamera 8MP.

Selain itu, ponsel khusus ini juga akan dilengkapi dengan speaker stereo dan sensor pemindai sidik jari, serta akan ditawarkan dalam pilihan warna Black, White, dan Red, dengan kisaran harga sebesar USD360 hingga USD400. Pembeli perangkat juga disebut akan menerima data 10GB gratis setiap bulan selama satu tahun.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.