Microsoft Perluas Cakupan Cortana untuk Rumah Pintar

Lufthi Anggraeni    •    Selasa, 20 Feb 2018 11:20 WIB
microsoft
Microsoft Perluas Cakupan Cortana untuk Rumah Pintar
Microsoft mengumumkan kompatibilitas Cortana dengan sistem IFTTT.

Jakarta: Microsoft mengumumkan bahwa asisten digital karyanya, Cortana, kini mampu berfungsi dengan sistem IFTTT dan sejumlah perangkat rumah pintar lainnya, seperti Ecobee, Honeywell Lyric dan LIFX.

Untuk mengatur mereka, pengguna hanya perlu mengakses Cortana pada perangkat Windows 10 atau meluncurkan aplikasi Cortana, kemudian menambahkan dua produk baru pada menu Connected Home.

Kompatibilitas IFTTT membantu memberikan akses bagi Cortana pada sejumlah layanan pihak ketiga baru. Alih-alih menunggu perusahaan pihak ketiga untuk menawarkan fitur baru Cortana, mereka cukup mengintegrasikan kemampuan serupa Amazon Alexa.

Pengguna dapat menemukan "resep" yang telah tersedia pada platform IFTTT dan menghubungkannya dengan perangkat terintegrasi Cortana. Update ini hadir beberapa bulan setelah peluncuran speaker Cortana pertama Microsoft, Harman Kardon Invoke.

Speaker cerdas tersebut diluncurkan pada musim gugur lalu seharga USD199 (Rp), namun telah mendapatkan potongan harga sebesar 50 persen.

Hal ini karena Invoke kesulitan  bersaing dengan speaker lain dengan berbagai bentuk dan ukuran, seperti Google Home dan Amazon Echo.

Sebelumnya, Microsoft meluncurkan aplikasi Photos Companion untuk perangkat iOS dan Android. Aplikasi ini memungkinkan pengguna menyalin gambar dengan mudah dari perangkat Android/iOS ke PC Windows 10 secara nirkabel dengan mudah.

Aplikasi Photos Companion berfungsi dengan mengombinasikan aplikasi Photos bawaan di Windows 10. Sementara itu, Microsoft Launcher versi Android menerima update versi 4.6, dengan bekal integrasi Cortana.

Pembaruan ini juga memungkinkan pengguna menambahkan Daily Bing Wallpaper ke halaman Home atau Lock, ataupun keduanya.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.