Skor Kamera Galaxy S9 Plus Salip Google Pixel 2 dan iPhone X

Cahyandaru Kuncorojati    •    Jumat, 02 Mar 2018 10:23 WIB
samsung galaxymwc 2018
Skor Kamera Galaxy S9 Plus Salip Google Pixel 2 dan iPhone X
Samsung Galaxy S9 Plus dan Galaxy S9.

Jakarta: Informasi terbaru datang dari smartphone teranyar Samsung yang diperkenalkan di ajang MWC 2018 Barcelona, Spanyol. Samsung Galaxy S9 dikabarkan meraih skor tertinggi untuk kualitas kamera untuk fotografi dalam situs pengujian kamera DxOMark.

Bagi Anda yang belum megetahui DxOMark, situs ini menjadi patokan pengujian kamera smartphone yang cukup mendalam, meskipun ini bukan satu-satunya pengujian.

Dikutip dari The Next Web, skor rata-rata Samsung Galaxy Plus S9 mencapai 99, skor tersebut mengalahkan skor pengujian DxOMark pada Google Pixel 2 yang mendapatkan skor 98 dan skor 97 untuk Apple iPhone X.



Namun, sebetulnya skor yang didapatkan Samsung Galaxy S9 Plus diperoleh dari kemampuan fotografinya yang mencapai skor 104, sedangkan kemampuan videografi hanya 91, masih kalah dari Google Pixel 2 dengan skor 96.



Lewat beberapa kategori penilaian DxOMark, kamera Samsung Galasy S9 Plus lebih unggul dari kamera Google Pixel 2 dalam beberapa poin, untuk fotografi misalnya kamera smartphone tersebut lebih unggul di aspek peredam noise, kemampuan zoom, dan efek bokeh.



Skor kualitas noise, Samsung Galaxy S9 berhasil mendapatkan nilai 79 dibandingkan Google Pixel 2 dengan skor 59. Artinya lensa kamera Samsung dengan bukaan lensa f/1.5 serta algoritma yang dibuat mampu meredam noise pada foto. Kamera smartphone ini mampu diandalkan dalam kondisi low light.

Sayangnya, pengujian pada perangkat yang lebih kecil, Samsung Galaxy S9 belum dilakukan sehingga DxOMark belum bisa memberikan perbandingan antara kedua varian smartphone terbaru Samsung.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.