Intel Minta Pengguna tak Gunakan Patch Spectre Bermasalah

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 23 Jan 2018 20:13 WIB
intelcyber security
Intel Minta Pengguna tak Gunakan Patch Spectre Bermasalah
Intel mendorong penggunanya untuk tidak memasang patch yang bermasalah.

Jakarta: Patch Spectre/Meltdown yang dirilis Intel bermasalah. Minggu lalu, para pengguna melaporkan bahwa komputer mereka mendadak reboot setelah memasang patch untuk Spectre/Meltdown. Intel juga mengaku bahwa masalah itu juga memengaruhi prosesor yang lebih baru.

Sekarang, Intel tampaknya mendorong pengguna untuk tidak memasang patch yang telah Intel rilis. Melalui blog post, Executive Vice President Navin Shenoy mengumumkan bahwa Intel telah menemukan sumber dari masalah yang menyebabkan komputer melakukan reboot, dan merekomendasikan pengguna untuk tidak memasang patch yang bermasalah tersebut dan menunggu hingga patch baru dirilis. 

"Kami merekomendasikan manufaktur perangkat, penyedia layanan cloud, manufaktur sistem, vendor software dan pengguna untuk ebrhenti menggunakan patch yang tersedia untuk platform saat ini," tulis Shenoy, seperti yang dikutip dari The Verge. "Karena ia mungkin akan menyebabkan reboot dan perilaku tidak wajar lain pada sistem."

Saran dari Shenoy ini berlaku untuk komputer yang menggunakan berbagai prosesor buatan Intel, seperti Broadwell, Haswell, Coffee Lake, Kaby Lake, Skylake dan Ivy Bridge. Untungnya, prosesor untuk konsumen paling baru tidak terkena dampaknya. 

Intel berkata, mereka telah mengidentifikasi maslaah di balik masalah reboot pada prosesor Broadwell juga Haswell dan tengah berusaha merilis patch Spectre/Meltdown yang tidak akan menyebabkan komputer melakukan reboot.

Intel juga berkata mereka sedang "secara aktif mengembangkan solusi" untuk masalah reboot yang juga terjadi pada Ivy Bridge, Sandy Bridge, Skylake, dan Kaby Lake. 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.