Ingin Perbaiki iPhone X? Anda Harus Bayar Rp7,4 Juta

Lufthi Anggraeni    •    Senin, 30 Oct 2017 17:18 WIB
apple
Ingin Perbaiki iPhone X? Anda Harus Bayar Rp7,4 Juta
APple mengumumkan harga perbaikan untuk model perayaan ulang tahun iPhone kesepuluh, iPhone X di situs resminya.

Metrotvnews.com: Kerusakan perangkat akibat kecelakaan yang tidak disengaja menjadi salah satu hal yang memiliki peluang besar untuk terjadi di kehidupan pengguna smartphone. Sayangnya, informasi yang beredar akan mengharuskan pengguna iPhone X untuk ekstra berhati-hati dalam menggunakan smartphone tersebut.

Apple baru saja mengumumkan update pada halaman biaya perbaikan dasar di situs resminya, menampilkan pengguna harus mengeluarkan dana sebesar USD279 (Rp3,7 juta) untuk memperbaiki kerusakan pada layar iPhone X, seperti yang dilaporkan 9to5Mac.

Sementara itu, perbaikan kerusakan lain di luar kerusakan yang ditanggung garansi akan mengharuskan pengguna membayar sebesar USD549 (Rp7,4 juta). Biaya tersebut hampir separuh dari harga yang ditawarkan Apple kepada pasar untuk model perayaan ulang tahun iPhone kesepuluh tersebut.

Tidak jauh berbeda, biaya perbaikan untuk kerusakan iPhone 8 di luar cakupan garansi juga tergolong tinggi, yaitu USD349 (Rp4,7 juta) untuk iPhone 8, dan USD399 (Rp5,3 juta) untuk iPhone 8 Plus. Sementara itu, biaya perbaikan kerusakan layar pada iPhone 8 sebesar USD169 (Rp2,2 juta).

Melalui program garansi tambahan resmi Apple, yaitu AppleCare+, menawarkan harga perbaikan tertanggung garansi sebesar USD199, untuk iPhone X. Sementara itu, program ini menawarkan harga perbaikan tertanggung garansi untuk untuk iPhone 8 sebesar USD129 (Rp1,7 ribu), dan USD149 (Rp2 juta) untuk iPhone 8 Plus.

Namun, untuk iPhone X yang masih dalam masa garansi, kerusakan pada layar dapat diperbaiki dengan biaya USD29 (Rp391 ribu), sedangkan perbaikan lainnya seharga USD99 (Rp1,3 juta) yang juga berada dalam jangkauan progra, AppleCare+. 

Sebelumnya, Apple turut melaporkan bahwa iPhone X mendapat sambutan baik dari konsumen, terlihat dari pemesanan smartphone tersebut pada tanggal 29 Oktober lalu.

Apple mengklaim stok iPhone X yang disiapkannya habis dipesan konsumen dalam waktu 10 menut, mengharuskannya memundurkan waktu pengiriman barang dari 3 November mendatang.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.