Telkomsel Andalkan Multi-Band LTE Sambut Ramadan dan Idul Fitri

Cahyandaru Kuncorojati    •    Jumat, 11 May 2018 23:28 WIB
telkomseltelekomunikasi
Telkomsel Andalkan Multi-Band LTE Sambut Ramadan dan Idul Fitri
Presentasi dari Direktur Network Telkomsel Bob Apriawan.

Lombok: Semua operartor akan menyatakan hal yang sama. Trafik konsumsi layanan data akan meningkat pada momen Ramadan dan puncaknya saat Idul Fitri dibandingkan hari biasanya. 

Direktur Network Telkomsel Bob Apriawan menuturkan bahwa Telkomsel mengembangkan strategi sekaligus teknologi yang mereka sebut Multi-Band LTE. Teknologi ini memadukan frekuensi LTE dari spektrum yang dimiliki oleh Telkomsel, mulai dari frekuensi jaringan L900, L1.800, L2.100, L2.300.

Teknologi tersebut dihadirkan pada 12.000 BTS 4G yang tersebar di seluruh titik lonjakan trafik. Misalnya, jalur darat yakni jalan tol dan jalur kereta yang merupakan jalur mudik, pusat keramaian seperti lokasi wisata, dan titik strategis lainnya. Tidak kurang ada 772 titik strategis yang disiapkan.

"Teknologi ini membuat layanan data Telkomsel mampu memberikan kualitas 4G yang tidak hanya memiliki kapasitas yang besar untuk lonjakan trafik yang akan terjadi nanti tapi juga tetap menyajikan kecepatan data terbaik," ungkap pria yang akrab disapa Bob.

Lebih detil, Bob menjabarkan bahwa dari 12.000 BTS 4G Multi-Band LTE, 26 persen di antaranya menggunakan frekuensi L2.300MHz, delapan persen di frekuensi L1.800MHz, 61 persen di frekuensi L1.800MHz, dan lima persen menggunakan frekuensi L900MHz.

Mengapa layanan data tampak menjadi fokus utama? Bob mengakui bahwa Telkomsel memprediksi lonjakan trafik lanan data di momen Ramadan dan Idul Fitri akan meningkat 40 persen tahun ini dibandingkan hari normal. Angka tersebut melonjak sekitar 137 persen dibandingkan momen yang sama pada periode tahun lalu.

"Layanan legacy seperti voice, SMS, dan MMS harus kami akui diprediksi mengalami penurunan cukup drastis, sementara rata-rata kenaikan trafik lima layanan aplikasi digital meningkat dua hingga tiga persen dibandingkan hari normal," jelas Bob.

Kelima trafik apps tertinggi adalah YouTube yang tertinggi lalu Instagram, Facebook, WhatsApp, dan terakhir Google.

Untuk menjamin kualitas layanan, Telkomsel juga mengaku sudah memnambah kapasitas pada 579 BTS 4G, mengerahkan 73 mobile BTS, serta menambah kapasitas gateway internet 66 persen dari kapasitas existing mejadi 3.288Gbps.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.