Huawei P20 Pro, Saat Huawei Pamer Kehebatan Tiga Kamera

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Kamis, 29 Mar 2018 10:36 WIB
huawei
Huawei P20 Pro, Saat Huawei Pamer Kehebatan Tiga Kamera
Tampilan Huawei P20 Pro.

Jakarta: Huawei akhirnya resmi mengumumkan ponsel unggulan Huawei P20 dan Huawei P20 Pro. Berbagai rumor memang sudah beredar, yang menyebut bahwa ini merupakan ponsel pertama yang mengusung lebih dari dua kamera belakang.

Seri Huawei P20 menekankan kemampuan tiga kamera, dan kali ini mereka tetap menggandeng Leica untuk menyediakan teknologi potret dari ponsel yang diklaim tercanggih saat ini.

Dalam konferensi pers yang digelar di Prancis, pihak Huawei sangat menekankan kehebatan Huawei P20 Pro. Smartphone ini menyematkan tiga kamera belakang, dengan komposisi 40MP RGB, 20MP Monchrome, dan 8MP telephoto.

Bukan hanya besaran megapiksel, beberapa kemampuan yang dipamerkan kamera ini memang sempat membuat peserta konferensi cukup kagum.

Salah satunya adalah kemampuan 5x Hybrid Zoom, yang diklaim mampu menampilkan detil objek sekalipun foto telah diperbesar lima kali. Penggunaan kamera RGB 40MP diklaim Huawei untuk memastikan tangkapan warna yang lebih tajam dan akurat.

Huawei P20 Pro juga memperkenalkan satu teknologi kamera terbaru, yaitu AIS. Dalam penjelasannya, pihak Huawei menyebut AIS atau stablisasi gambar berbasis kecerdasan buatan mampu menghasilkan foto yang lebih stabil ketimbang OIS dan EIS.

Kemampuan ini juga mereka implementasikan dalam fitur slow motion. Huawei P20 Pro mampu merekam video gerakan lambat pada kecepatan 960fps. Saat menjajal langsung, harus diakui perekaman slow-motion cukup baik dan akurat.

Penerapan kecerdasan buatan juga berlaku untuk perekaman foto dalam kondisi minim cahaya. Dalam contoh foto yang ditampilkan, Huawei P20 Pro sanggup menampilkan foto malam dalam kondisi cahaya yang bisa dibilang melimpah.

Mereka langsung membandingkannya dengan contoh foto dari iPhone X dengan kondisi cahaya yang sama. Faktor pendukungnya adalah kemampuan ISO 102400.

Semua kehebatan kamera ini membuat Huawei P20 Pro menduduki peringkat pertama DxO Mark saat ini. Huawei P20 Pro mendapatkan skor 109, disusul Huawei P20 dengan skor 102, baru kemudian ada Samsung Galaxy S9 dengan skor 99.



Belum selesai, kamera depan 24MP Huawei P20 Pro diklaim bisa menghasilkan foto selfie yang sangat baik. Huawei menambahkan fungsi kecerdasan buatan agar kamera mampu mendeteksi berbagai objek yang tampil.

Mereka mengatakan, kamera ini bisa mengenali 500 lebih skenario foto, yang nantinya bisa membuat detail objek lebih tepat. Selain itu, ada juga dukungan mode portrait yang diklaim lebih tajam.

Huawei P20 Pro akan mulai dijual untuk pasar global pada 6 April, dengan harga mulai dari EUR899 (Rp15 juta).


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.