Ilmuwan: Black Hole Sebagai Pintu ke Dimensi Lain

Riandanu Madi Utomo    •    Selasa, 04 Oct 2016 15:25 WIB
antariksa
Ilmuwan: Black Hole Sebagai Pintu ke Dimensi Lain
Ilustrasi black hole

Metrotvnews.com: Alam semesta yang kita tinggali saat ini memang penuh dengan misteri yang belum terpecahkan.

Salah satu misteri tersebut adalah black hole atau lubang hitam yang dipercaya merupakan salah satu kunci untuk membuka misteri alam semesta. Tidak heran jika ilmuwan terus mempelajari black hole hingga saat ini.

Salah satu teori baru yang muncul dari pengamatan terhadap black hole adalah adanya dimensi lain dari alam semesta. Tidak hanya itu, black hole diperkirakan merupakan pintu untuk menuju dimensi tersebut.

Ilmuwan yang mempelajari black hole dari mesin percepatan partikel Large Hadron Collider bahkan memperkirakan setidaknya ada 9 dimensi yang ada di alam semesta ini.

Teori tersebut berawal dari studi mengenai teori Brane yang mengatakan bahwa unsur dasar pada alam semesta merupakan dimensi yang tidak terukur namun saling terhubung satu dengan yang lain.

Menurut Chris White, ilmuwan fisika dari Queen Mary University of London, perhitungan menggunakan teori Brane menunjukkan setidaknya ada 9 dimensi lain di alam semesta ini.

"Perhitungan menggunakan teori Brane mengungkapkan setidaknya ada 9 dimensi di alam semesta ini," ujar White dikutip oleh Core Spirit.

Tentunya ini masih merupakan teori serta perhitungan kasar semata, dan ilmuwan masih belum bisa membuktikan apakah 9 dimensi tersebut benar-benar ada. Namun, yang menarik adalah black hole sepertinya memegang kunci dari semua misteri tersebut. 

Hingga saat ini, usaha untuk mereplikasi efek dari black hole telah beberapa kali dilakukan oleh para ilmuwan menggunakan Large Hadron Collider yang dimiliki oleh pusat riset CERN. Melalui Large Hadron Collider, ilmuwan bisa mereplikasi efek dari black hole dan mempelajari teori di balik ruang, waktu, serta dimensi.


(MMI)

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s
Review Smartphone

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s

4 days Ago

Polytron Prime 7s hadir dengan desain tipis dan ringan serta berkesan elegan, namun didukung ba…

BERITA LAINNYA
Video /