Roket SpaceX Meledak Karena Sabotase?

Riandanu Madi Utomo    •    Selasa, 04 Oct 2016 10:39 WIB
antariksa
Roket SpaceX Meledak Karena Sabotase?
Detik-detik meledaknya roket Falcon 9

Metrotvnews.com: Beberapa minggu yang lalu salah satu roket SpaceX, yaitu Falcon 9, meledak sebelum diluncurkan di pusat peluncuran roket NASA.

Menurut hasil investigasi, adanya kebocoran pada sistem cryogenic helium di tangki oksigen cair di roket Falcon 9 menjadi penyebab meledaknya roket beserta muatan satelitnya. Namun, hingga saat ini SpaceX masih melakukan investigasi lanjutan mengapa kebocoran bisa terjadi, dan hasil investigasi mengarah ke kemungkinan adanya sabotase.

"Kami telah melakukan investigasi mendalam dan tidak menemukan adanya kesalahan dalam bagian produksi," ujar CEO SpaceX, Elon Musk, kepada Washington Post. "Hal tersebut membuat investigasi menjadi mengarah ke kemungkinan tersebut (sabotase)."

Washington Post juga telah melakukan investigasi lanjut melalui rekaman video detik-detik meledaknya roket SpaceX. Menurut Popular Science, mereka menemukan sesuatu yang ganjil dalam video tersebut yaitu adanya bayangan aneh kemudian disusul oleh titik putih sesaat sebelum roket Falcon 9 meledak dari sebuah bangunan yang dimiliki oleh United Launch Alliance (ULA).

ULA sendiri merupakan perusahaan roket yang secara bisnis merupakan saingan langsung SpaceX. Washington Post mengatakan bangunan milik ULA tersebut berada langsung di sebelah area peluncuran roket SpaceX, sehingga roket Falcon 9 dapat dilihat dengan jelas dari bangunan tersebut.

Sementara itu, ULA mengatakan pihaknya tidak melihat apapun di bangunan tersebut saat peristiwa meledaknya Falcon 9, meski ULA tidak mengizinkan Washington Post untuk mengunjungi bangunannya.

Sebelumnya, Elon Musk sempat mengatakan pihaknya sedang "mencoba memahami" suara letupan yang cukup keras sebelum roket Falcon 9 meledak. Pernyataan tersebut memperkuat asumsi adanya sabotase terhadap SpaceX.

Roket Falcon 9 milik SpaceX meledak di pusat peluncuran roket milik NASA di Cape Canaveral, Amerika Serikat, pada tanggal 1 September 2016.

Roket tersebut meledak ketika sedang membawa muatan berupa satelit yang akan digunakan oleh Facebook untuk memperluas koneksi internet di wilayah Afrika.

Meledaknya roket Falcon 9 sempat menjadi perhatian netizen termasuk Mark Zuckerberg yang kecewa dengan insiden tersebut.


(MMI)

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power
Review Smartphone

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power

1 week Ago

LG X Power memang memiliki baterai yang awet dan dapat mengisi baterai dengan cepat. Sayangnya,…

BERITA LAINNYA
Video /