Peneliti Kembangkan Cara Buat Baterai dari Limbah Nuklir

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 30 Nov 2016 16:48 WIB
teknologinuklir
Peneliti Kembangkan Cara Buat Baterai dari Limbah Nuklir
Ilustrasi. (Marc Schlossman via Getty Images)

Metrotvnews.com: Limbah nuklir biasanya tidak memiliki kegunaan dan justru menjadi masalah untuk lingkungan, tapi tampaknya, ia memiliki potensi untuk digunakan sebagai sumber energi bersih. Para peneliti tengah mengembangkan metode untuk mengubah limbah nuklir menjadi baterai menggunakan berlian.

Jika Anda memasukkan material radioaktif ke dalam berlian buatan manusia, ia akan menghasilkan energi listrik dalam jumlah kecil tanpa harus khawatir akan radiasi yang berbahaya.

Dalam pengujiannya, para peneliti tersebut menggunakan isotop nikel, tapi ke depan, mereka berharap akan melakukan ini menggunakan isotop karbon yang dapat ditemukan pada batu grafit yang biasanya digunakan pada pembangkit listrik tenaga nuklir.

Menurut Engadget, baterai yang terbuat dari limbah nuklir ini tidak menghasilkan energi dalam jumlah besar, tapi ia akan memiliki umur yang sangat panjang, tergantung pada lama radiasi itu sendiri. Para peneliti memperkirakan, setengah daya hidup baterai dari karbon adalah 5.730 tahun. 

Baterai dengan umur yang sangat panjang seperti ini dapat digunakan pada drone yang terbang di ketinggian tinggi, alat pacu jantung, pesawat luar angkasa atau alat lain yang tidak memungkinkan dilakukannya penggantian baterai. Misalnya, pada satelit antarbintang sehingga ia tetap dapat aktif meski telah kehilangan energi dari sinar matahari.

Namun, saat ini, baterai dari limbah nuklir masih belum dapat diimplementasikan. Tidak hanya itu, ada masalah yang harus dapat dipecahkan oleh para peneliti, seperti tingginya harga berlian, yang akan membuat pembuatan baterai limbah nuklir dalam jumlah besar menjadi tidak mungkin. Meskipun begitu, penelitian ini menunjukkan bahwa limbah nuklir masih bisa digunakan. 


(MMI)

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s
Review Smartphone

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s

5 days Ago

Polytron Prime 7s hadir dengan desain tipis dan ringan serta berkesan elegan, namun didukung ba…

BERITA LAINNYA
Video /