Stephen Hawking: Manusia akan Punah 1000 Tahun Lagi

Riandanu Madi Utomo    •    Minggu, 20 Nov 2016 16:22 WIB
sains
Stephen Hawking: Manusia akan Punah 1000 Tahun Lagi
Stephen Hawking

Metrotvnews.com: Ilmuwan fisika Stephen Hawking memperkirakan umur manusia di Bumi hanya tinggal 1000 tahun lagi.

Menurut Futurism, hal tersebut diungkapkan oleh Hawking pada sebuah kuliah terbuka di University of Cambridge baru-baru ini. Hawking juga mengatakan satu-satunya cara agar manusia dapat selamat adalah dengan membuat koloni di planet lain.

"Kita harus segera pergi ke planet lain jika manusia ingin selamat," ujar Hawking. "Saya rasa manusia tidak akan bertahan dalam kurun waktu 1000 tahun ke depan."

Hawking yang juga dikenal sebagai salah satu sosok paling cerdas di dunia saat ini juga pernah memberikan pernyataan kontroversial sebelumnya.

Pada saat itu, Hawking mengkritik pengembangan kecerdasan buatan yang gencar digalakkan oleh berbagai perusahaan teknologi seperti IBM dan Google. Hawking berpendapat kecerdasan buatan harus dibuat dengans angat hati-hati atau akan menghancurkan umat manusia.

Dalam kuliah terbukanya, Hawking mengatakan dalam satu dekade ke depan adalah masa kritis bagi umat manusia.

Jika dalam 100 tahun tersebut manusia belum mulai mencoba untuk membuat koloni di planet lain, maka kemungkinan manusia untuk punah akan semakin besar. Hal tersebut menurut Hawking dikarenakan pengembangan koloni di planet lain butuh waktu ratusan tahun dan usaha yang sangat besar.

Hawking juga memperingatkan agar manusia bisa segera bersatu untuk mencapai tujuan bersama. Hal tersebut dikarenakan untuk menjadi spesies antar planet, manusia harus saling bekerja sama dan menghilangkan perbedaan serta konflik karena bahaya yang dihadapi akan jauh lebih besar.

Terakhir, Hawking mendeskripsikan tahun 2016 sebagai tahun yang "nyaman". Hal tersebut dikarenakan minimnya tingkat konflik jika dibandingkan dengan awal hingga pertengahan tahun 1900-an, saat Perang Dunia I dan II terjadi.


(MMI)

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s
Review Smartphone

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s

5 days Ago

Polytron Prime 7s hadir dengan desain tipis dan ringan serta berkesan elegan, namun didukung ba…

BERITA LAINNYA
Video /