GoPro Hero6 Meluncur Tahun Ini

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Sabtu, 04 Feb 2017 15:14 WIB
gopro
GoPro Hero6 Meluncur Tahun Ini
CEO GoPro Nick Woodman. (AFP PHOTO / JOSH EDELSON)

Metrotvnews.com: GoPro akan merilis kamera action Hero6 tahun ini, mengganti pola peluncuran setiap 2 tahun sekali menjadi setiap tahun. Hal ini dilakukan sebagai usaha untuk menghadapi masalah finansial yang mereka hadapi.

Keputusan tersebut diumumkan oleh CEO Nicholas Woodman dalam laporan keuangan pada investor pada hari Kamis lalu. Namun, dia tidak memberikan informasi lebih detail mengenai kapan kamera itu dirilis. Dalam acara itu, Woodman juga menjelaskan bahwa GoPro akan masuk ke beberapa sektor lain, seperti VR (Virtual Reality).

Seperti yang disebutkan oleh Digital Trends, selama ini, kamera action buatan dari GoPro diluncurkan setiap 2 tahun sekali. Hero3 dirilis pada 2012, Hero4 pada 2014 dan Hero5 pada 2016. Ketiganya diumumkan pada bulan Oktober.

Namun, antara Hero4 dan Hero5, penjualan kamera GoPro mulai menurun karena pesaing yang berhasil memberikan penawaran yang lebih menarik.

Saat diluncurkan, Hero4 memang memiliki fitur-fitur yang menarik. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, para pesaing dapat menawarkan fitur yang lebih menarik. Beberapa perusahaan berhasil merilis kamera yang tidak memerlukan casing khusus saat digunakan di bawah air. Pada saat yang sama, kamera dengan harga lebih murah, seperti kamera Yi, juga mulai muncul.

GoPro mencoba mengatasi hal ini dengan merilis kamera baru dalam periode antara perilisan 2 kamera flagship Hero, yaitu pada akhir 2015. Namun, penjualannya tidak terlalu baik.

GoPro berusaha untuk bersaing dengan merek-merek yang menawarkan harga lebih murah dengan meluncurkan Hero+ dan Hero+ LCD. Meskipun begitu, karena penjualan yang mengecewakan, kedua kamera itu lalu dihentikan.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.