Q4 2016, Xiaomi Duduki Peringkat 2 Pasar Ponsel India

Lufthi Anggraeni    •    Rabu, 15 Feb 2017 16:52 WIB
xiaomi
Q4 2016, Xiaomi Duduki Peringkat 2 Pasar Ponsel India
Xiaomi mengumumkan perusahaannya sebagai vendor terbesar kedua di India pada Q4 2016 lalu.

Metrotvnews.com: Xiaomi mengumumkan telah menjadi vendor smartphone terbesar kedua di India pada kuartal keempat tahun 2016 lalu. Hal ini disebut sebagai hasil dari penjualan varian Redmi 3S.

Varian Redmi 3S ini secara kolektif telah terjual sebanyak lebih dari tiga juta unit dalam kurun waktu enam bulan sejak diluncurkan pada tahun lalu. Menurut laporan IDC, Xiaomi menduduki peringkat kedua dengan pangsa pasar 10,7 persen pada Q4 2016.

Pencapaian ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan pangsa pasar sebesar 3,3 persen selama kuartal keempat tahun sebelumnya. Pendistribusian unit Xiaomi tahun per tahun bertumbuh tiga kali lipat, sebesar 15,3 persen pada Q4 2016, seperti yang dilaporkan GSM Arena.

Xiaomi memulai bisnis di India sejak tahun 2014, dan menjadi vendor smartphone online terbesar di India. Xiaomi juga dilaporkan tengah menggencarkan upayanya untuk mendominasi pasar India.

Perusahaan asal Tiongkok ini baru saja meluncurkam ponsel cerdas karyanya, yaitu Redmi 3S+. Ponsel ini menjadi satu-satunya varian yang tersedia secara offline, serta lebih populer jika dibandingkan dengan Redmi 3S Prime.

Hampir seluruh perangkat yang dipasarkan di India diproduksi secara lokal, sebagai wujud kepatuhan Xiaomi terhadap regulasi serupa TKDN yang juga diterapkan oleh pemerintah India. Selain rangkaian perangkat lini Redmi 3S, Xiaomi juga baru saja meluncurkan Redmi Note 4 di pasar India.

Sebelumnya, Xiaomi dilaporkan akan menggunakan prosesor sendiri untuk smartphone barunya, Xiaomi 5c, untuk memangkas biaya produksi. Prosesor yang diperkirakan akan mengusung nama Pinecone ini akan diluncurkan pada Maret mendatang.

Xiaomi juga mengumumkan keseriusannya dalam menggarap pasar Indonesia, dengan menggandeng sejumlah perusahaan lokal Satnusa, TSM, dan Erajaya untuk memproduksi dan memasarkan ponselnya secara resmi di Indonesia.


(MMI)

Video /