Q4 2016, Xiaomi Duduki Peringkat 2 Pasar Ponsel India

Lufthi Anggraeni    •    Rabu, 15 Feb 2017 16:52 WIB
xiaomi
Q4 2016, Xiaomi Duduki Peringkat 2 Pasar Ponsel India
Xiaomi mengumumkan perusahaannya sebagai vendor terbesar kedua di India pada Q4 2016 lalu.

Metrotvnews.com: Xiaomi mengumumkan telah menjadi vendor smartphone terbesar kedua di India pada kuartal keempat tahun 2016 lalu. Hal ini disebut sebagai hasil dari penjualan varian Redmi 3S.

Varian Redmi 3S ini secara kolektif telah terjual sebanyak lebih dari tiga juta unit dalam kurun waktu enam bulan sejak diluncurkan pada tahun lalu. Menurut laporan IDC, Xiaomi menduduki peringkat kedua dengan pangsa pasar 10,7 persen pada Q4 2016.

Pencapaian ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan pangsa pasar sebesar 3,3 persen selama kuartal keempat tahun sebelumnya. Pendistribusian unit Xiaomi tahun per tahun bertumbuh tiga kali lipat, sebesar 15,3 persen pada Q4 2016, seperti yang dilaporkan GSM Arena.

Xiaomi memulai bisnis di India sejak tahun 2014, dan menjadi vendor smartphone online terbesar di India. Xiaomi juga dilaporkan tengah menggencarkan upayanya untuk mendominasi pasar India.

Perusahaan asal Tiongkok ini baru saja meluncurkam ponsel cerdas karyanya, yaitu Redmi 3S+. Ponsel ini menjadi satu-satunya varian yang tersedia secara offline, serta lebih populer jika dibandingkan dengan Redmi 3S Prime.

Hampir seluruh perangkat yang dipasarkan di India diproduksi secara lokal, sebagai wujud kepatuhan Xiaomi terhadap regulasi serupa TKDN yang juga diterapkan oleh pemerintah India. Selain rangkaian perangkat lini Redmi 3S, Xiaomi juga baru saja meluncurkan Redmi Note 4 di pasar India.

Sebelumnya, Xiaomi dilaporkan akan menggunakan prosesor sendiri untuk smartphone barunya, Xiaomi 5c, untuk memangkas biaya produksi. Prosesor yang diperkirakan akan mengusung nama Pinecone ini akan diluncurkan pada Maret mendatang.

Xiaomi juga mengumumkan keseriusannya dalam menggarap pasar Indonesia, dengan menggandeng sejumlah perusahaan lokal Satnusa, TSM, dan Erajaya untuk memproduksi dan memasarkan ponselnya secara resmi di Indonesia.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.