Dianggap Mata-Mata, Retail Elektronik Besar Berhenti Jualan Kaspersky

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Minggu, 10 Sep 2017 14:25 WIB
kaspersky
Dianggap Mata-Mata, Retail Elektronik Besar Berhenti Jualan Kaspersky
Kaspersky kini tidak akan dijual di Best Buy.

Metrotvnews.com: Penjual elektronik Best Buy akan berhenti menjual software keamanan dari Kaspersky Lab setelah muncul dugaan bahwa perusahaan keamanan asal Rusia itu di bawah pengaruh pemerintah Rusia.

Pada musim panas ini, perusahaan keamanan siber asal Moscow itu telah menghadapi beberapa tuduhan bahwa mereka ada di bawah pengaruh Kremlin. Dalam sebuah pertemuan Komite Intelijen Senat pada bulan Mei, bos dari 6 badan intelijen utama Amerika Serikat mengatakan bahwa mereka merasa tidak aman jika software buatan Kaspersky digunakan pada komputer mereka. 

Menurut laporan The Verge, pada bulan Juli, Komite Senat Badan Bersenjata AS meminta agar Departemen Keamanan tidak menggunakan produk buatan Kaspersky Lab dengan alasan adanya kemungkinan Kaspersky di bawah pengaruh pemerintah Rusia. 

Sementara itu, Komite Sains, Luar Angkasa dan Teknologi meminta agar 22 badan pemerintah membagikan dokumentasi dan komunikasi mereka terkait perusahaan asal Rusia itu. Ini adalah kabar buruk bagi konsumen, mengingat produk Kaspersky banyak digunakan. 

Karena itulah, Best Buy memutuskan berhenti menjual produk buatan Kaspersky. Keputusan ini mereka buat berdasarkan laporan media, kesaksian kongres dan diskusi dalam industri, menurut Star Tribune, walau Best Buy tidak melakukan investigasi sendiri. 

Sejauh ini, Kaspersky Lab telah membantah tuduhan ini. Mereka menyebutkan, mereka menjadi korban dari pertarungan geopolitik antar dua negara. Mereka juga mengatakan, mereka "tidak pernah membantu atau akan membantu pemerintah dari negara apapun untuk melakukan mata-mata siber atau serangan siber lainnya."


(MMI)

Video /