Samsung Kembangkan AirPod Miliknya?

Lufthi Anggraeni    •    Sabtu, 22 Jul 2017 16:04 WIB
samsung
Samsung Kembangkan AirPod Miliknya?
Samsung dilaporkan tengah mengembangkan earset dengan dukungan Bixby Voice berdesain serupa AirPod.

Metrotvnews.com: Setelah resmi meluncukan Bixby Voice di Amerika Serikat, Samsung dilaporkan tengah mengembangkan perangkat terbaru yang mendukung asisten virtual karyanya tersebut.

Media asal Korea Selatan bernama Etnews melaporkan, Samsung tengah mengembangkan earset berteknologi Bixby, mengikuti rencananya terkait pengembangan speaker cerdas yang dilengkapi dengan dukungan Bibxy.

Earset yang tengah dikembangkan Samsung tersebut disebut mengusung desain serupa earphone karya Apple, yaitu AirPod. Perangkat Apple ini juga menjadi alat bagi Apple untuk mendorong popularitas Siri.

Penyebutan AirPods pada laporan tersebut dilakukan Etnews sebagai caranya untuk mengilustrasikan fitur yang tersedia pada earset Samsung ini tapi tidak dimiliki oleh AirPod. Salah satu fitur yang dimaksud adalah fitur terkait isolasi suara.

Earset Samsung ini diklaim memiliki fitur isolasi suara yang dapat mengurangi gangguan suara di sekitar pengguna dengan lebih baik. Solusi isolasi suara tersebut dilaporkan akan memanfaatkan bagian tubuh pengguna.

Laporan ini juga membahas tentang spekulasi bahwa Samsung berencana untuk meluncurkan earset ini bersamaan dengan Galaxy Note 8, sebagai bagian dari penawaran di kemasan penjualannya.

Salah satu eksekutif Samsung yang enggan disebutkan namanya mengklaim bahwa perangkat ini belum resmi, dan belum tersedia informasi spesifik terkait pengembangan perangkat ini, sehingga belum dapat dipastikan kebenarannya.

Namun, jika informasi tersebut benar, perangkat Samsung ini diperkirakan hanya akan tersedia untuk pasar Amerika Serikat dan Korea Selatan, mengingat dukungan Bixby Voice baru tersedia di kedua negara tersebut.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.