Raksasa Tiongkok Ingin Beli Tokopedia?

Lufthi Anggraeni    •    Senin, 07 Aug 2017 16:48 WIB
tokopedia
Raksasa Tiongkok Ingin Beli Tokopedia?
Tokopedia dikabarkan akan diakuisisi JD.com. (MTVN)

Metrotvnews.com: Setelah sempat dirumorkan pada bulan Mei lalu, kabar terkait proses akusisi Tokopedia oleh JD kembali beredar. Raksasa e-commerce asal Tiongkok tersebut dilaporkan telah mengakuisis mayoritas saham Tokopedia.

Menurut kabar yang berhembus, sebelumnya Tokopedia menjadi diincar oleh raksasa e-commerce Tiongkok lainnya, yaitu Alibaba. Alibaba sebelumnya dilaporkan telah mempersiapkan dana sebesar USD500 juta (Rp6,6 triliun) untuk meminang Tokopedia.

Sebagai salah satu e-commerce terbesar di Indonesia, dan merupakan salah satu startup unicorn tersukses di Asia Tenggara, tidak heran jika Tokopedia menjadi incaran berbagai raksasa e-commerce global lainnya. Tahun lalu, Alibaba telah mengakuisisi Lazada, perusahaan e-commerce yang beroperasi di 6 negara, salah satunya Indonesia. Ketika itu, disebutkan, total nilai akuisisi mencapai USD1 miliar. 

Jika rumor akuisisi Tokopedia oleh JD benar, maka hal ini akan menghentikan spekulasi terkait perusahaan e-commerce asal Tiongkok yang berencana untuk menanamkan investasi di salah satu marketplace terbesar di Indonesia dan memastikan Tokopedia menjadi salah satu unicorn Asia Tenggara, mengikuti Go-Jek dan Traveloka.

Seperti yang disebutkan oleh DailySocial, bagi JD.com, akuisisi Tokopedia akan menjadi amunisi penting dalam kompetisi mereka melawan pesaing terbesarnya, Alibaba. 

Sayangnya, saat dihubungi Metrotvnews.com, Tokopedia memilih bungkam dan enggan memberikan tanggapan konfirmasi atau bantahannya.

Informasi tambahan, Tokopedia terakhir kali mendapatkan pendanaan pada tahun 2014 lalu, berasal dari salah satu raksasas telekomunikasi asal Jepang, yaitu Softbank Japan, yang berkolaborasi dengan Sequoia Capital. Pendanaan yang digelontorkan Softbank Japan dan Sequioa Capital tersebut dilaporkan mencapai USD100 juta (Rp1,3 triliun).

Sementara itu di Indonesia, JD telah melebarkan sayapnya melalui perusahaan afiliasi, yang pada akhir tahun 2015 lalu berganti nama menjadi JD.id.


(MMI)

Lenovo K6 Power, Saat Baterai adalah Segalanya
Review Smartphone

Lenovo K6 Power, Saat Baterai adalah Segalanya

1 day Ago

Melihat sepak terjang Lenovo selama ini, mereka tampaknya sadar betul bahwa konsumen Indonesia …

BERITA LAINNYA
Video /