Di Kota Ini, Menyeberang Jalan Sambil Main Ponsel Bakal Kena Denda

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 31 Jul 2017 11:36 WIB
smartphone
Di Kota Ini, Menyeberang Jalan Sambil Main Ponsel Bakal Kena Denda
Ilustrasi. (martin-dm via Getty Images)

Metrotvnews.com: Banyak pemerintah kota yang berusaha membuat agar pejalan kaki tidak menggunakan ponselnya ketika mereka sedang menyebrang jalan. Honolulu menjadi kota besar di Amerika Serikat pertama yang membuat peraturan terkait hal ini. 

Pemerintah kota tersebut telah meresmikan peraturan yang akan mendenda orang-orang yang menyebrang jalan sambil menggunakan ponsel. Menurut laporan, per 25 Oktober, masyarakat Honolulu bisa dikenakan denda sekitar USD15 (Rp200 ribu) sampai USD99 (Rp1,3 juta) jika ditemukan menggunakan smartphone ketika menyebrang. 

Jumlah denda yang dikenakan tergantung pada apakah seseorang telah melakukan kesalahan ini berkali-kali. Namun, ada pengecualian untuk peraturan ini, yaitu ketika seseorang memanggil 911, layanan gawat darurat. 

Honolulu memiliki alasan lebih kuat daripada kebanyakan pemerintah kota di AS untuk meresmikan peraturan ini. Mayor Kirk Caldwell berkata, di kota yang diaturnya, jumlah kecelakaan di penyebrangan lebih banyak dari hampir semua kota lain di AS. Dengan membuat peraturan ini, diharapkan jumlah kecelakaan yang terjadi karena penggunaan smartphone akan berkurang. 

Reuters menyebutkan, di Honolulu, pada 2000-2011, terdapat 11 ribu kecelakaan di penyebarangan karena penggunaan ponsel. Sebagian besar kejadian itu terjadi sebelum smartphone menjadi tren dan banyak digunakan oleh masyarakat. 

Memang, ada pihak yang kurang setuju dengan pengesahan peraturan ini. Para pengkritik mengatakan, daripada mendenda masyarakatnya, pemerintah Honolulu sebaiknya melakukan edukasi tentang bahaya penggunaan smartphone di jalan. Selain itu, pihak oposisi juga menyebutkan, polisi pasti punya tugas yang lebih penting daripada mendenda orang yang menyebrang sambil menggunakan smartphone


(MMI)

Motorola Moto G5S Plus, Kompetisi Ketat Segmen Kamera Ganda
Review Smartphone

Motorola Moto G5S Plus, Kompetisi Ketat Segmen Kamera Ganda

10 hours Ago

Turut memeriahkan tren kamera ganda yang tengah digandrungi produsen smartphone, Motorola juga …

BERITA LAINNYA
Video /