Di Kota Ini, Menyeberang Jalan Sambil Main Ponsel Bakal Kena Denda

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 31 Jul 2017 11:36 WIB
smartphone
Di Kota Ini, Menyeberang Jalan Sambil Main Ponsel Bakal Kena Denda
Ilustrasi. (martin-dm via Getty Images)

Metrotvnews.com: Banyak pemerintah kota yang berusaha membuat agar pejalan kaki tidak menggunakan ponselnya ketika mereka sedang menyebrang jalan. Honolulu menjadi kota besar di Amerika Serikat pertama yang membuat peraturan terkait hal ini. 

Pemerintah kota tersebut telah meresmikan peraturan yang akan mendenda orang-orang yang menyebrang jalan sambil menggunakan ponsel. Menurut laporan, per 25 Oktober, masyarakat Honolulu bisa dikenakan denda sekitar USD15 (Rp200 ribu) sampai USD99 (Rp1,3 juta) jika ditemukan menggunakan smartphone ketika menyebrang. 

Jumlah denda yang dikenakan tergantung pada apakah seseorang telah melakukan kesalahan ini berkali-kali. Namun, ada pengecualian untuk peraturan ini, yaitu ketika seseorang memanggil 911, layanan gawat darurat. 

Honolulu memiliki alasan lebih kuat daripada kebanyakan pemerintah kota di AS untuk meresmikan peraturan ini. Mayor Kirk Caldwell berkata, di kota yang diaturnya, jumlah kecelakaan di penyebrangan lebih banyak dari hampir semua kota lain di AS. Dengan membuat peraturan ini, diharapkan jumlah kecelakaan yang terjadi karena penggunaan smartphone akan berkurang. 

Reuters menyebutkan, di Honolulu, pada 2000-2011, terdapat 11 ribu kecelakaan di penyebarangan karena penggunaan ponsel. Sebagian besar kejadian itu terjadi sebelum smartphone menjadi tren dan banyak digunakan oleh masyarakat. 

Memang, ada pihak yang kurang setuju dengan pengesahan peraturan ini. Para pengkritik mengatakan, daripada mendenda masyarakatnya, pemerintah Honolulu sebaiknya melakukan edukasi tentang bahaya penggunaan smartphone di jalan. Selain itu, pihak oposisi juga menyebutkan, polisi pasti punya tugas yang lebih penting daripada mendenda orang yang menyebrang sambil menggunakan smartphone


(MMI)

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2
Review Smartphone

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2

2 weeks Ago

Xiaomi masuk industri smartphone selfie dengan merilis Xiaomi Redmi S2. Begini performanya. …

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.