Wikileaks Bocorkan Alat Peretas Windows Milik CIA

Lufthi Anggraeni    •    Senin, 10 Apr 2017 14:09 WIB
wikileaks
Wikileaks Bocorkan Alat Peretas Windows Milik CIA
Wikileaks mengungkap informasi terbaru terkait alat peretas CIA, Grasshopper,

Metrotvnews.com: Wikileaks mengumumkan informasi baru terkait dengan program malware milik CIA, bernama Grasshopper. Program ini disebut sebagai alat yang digunakan CIA untuk meretas perangkat bersistem operasi Windows.

Cara kerja Grasshopper diperkirakan digunakan CIA untuk membuat alat pemasangan khusus, serta dirancang untuk mendeteksi OS dan alat perlindungan yang digunakan oleh komputer Windows. Selain itu, program ini juga akan menemukan cara untuk mengelabui software anti-malware tersebut.

Menurut The Next Web, Grasshopper memiliki kemampuan untuk melakukan pemasangan secara otomatis dalam kurun waktu setiap 22 jam sekali. Kemampuan ini bahkan dapat dilakukannya saat program Windows Update pada perangkat dinonaktifkan.

Pada panduan pengguna Grasshopper yang diungkap Wikileaks, program ini juga memanfaatkan toolkit yang juga digunakan oleh kejahatan terorganisir dari Rusia. Informasi ini menambah deret panjang dokumen CIA yang diungkap oleh Wikileaks.

Sebelumnya, Wikileaks menerbitkan sekitar 9.000 dokumen rahasia CIA dalam waktu satu pekan. Sejumlah dokumen tersebut menunjukan kemampuan CIA dalam membobol perangkat elektronik dan menembus aplikasi enkripsi.

Tidak hanya CIA, aktivitas pengungkapan dokumen rahasia yang dilakukan Wikileaks juga dialami oleh Presiden Amerika Serikat, Donald Trump. Organisasi ini berencana untuk mempublikasikan bukti pembayaran pajaknya, jika Trump menolak merilis informasi tersebut.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.