Bos NVIDIA: CPU Bakal Digantikan Oleh GPU

Riandanu Madi Utomo    •    Kamis, 28 Sep 2017 14:25 WIB
nvidiaintel
Bos NVIDIA: CPU Bakal Digantikan Oleh GPU
Apakah CPU akan segera digantikan oleh GPU?

Metrotvnews.com: CEO NVIDIA, Jen Hsun Huang, baru saja baru saja dilaporkan telah mengeluarkan pernyataan yang cukup kontroversial. Di acara GPU Technology Conference (GTC) 2017 yang digelar di Beijing baru-baru ini, Huang mengatakan bahwa Moore's Law sudah mati, dan CPU akan digantikan oleh GPU.

Jika Anda masih belum tahu, Moore's Law merupakan "aturan" yang namanya diambil dari salah satu pendiri Intel, Gordon Moore di tahun 1965. Dalam Moore's Law disebutkan jika jumlah transistor per-inci persegi di CPU bakal menjadi dua kali lipat setiap tahunnya.

Huang bukanlah orang pertama yang mengatakan Moore's Law telah mati dan sudah tidak relevan dengan kondisi saat ini. Sebelumnya, berbagai pengamat dan ahli semikonduktor juga telah mengatakan hal yang sama. Namun pernyataan Huang agak berbeda dengan para ahli dan pengamat teknologi tersebut.

Pendiri NVIDIA tersebut juga mengatakan CPU akan segera digantikan oleh GPU. Menurut Huang, meski transistor CPU terus bisa dilipatgandakan, namun hal tersebut sudah tidak bisa terjadi lagi dalam kurun waktu setahun. Bahkan, meski jumlah transistor sudah bisa dilipatgandakan, peningkatan performa yang ditawarkan hanya sekitar 10 persen.

Alasan lain menurut Huang adalah pengembangan CPU saat ini sudah tidak bisa bersaing dengan kecepatan pengembangan GPU. Jumlah kebutuhan komputasi yang terus meningkat setiap tahun membuat beragam proses komputasi berat kini dialihkan ke GPU, mulai dari analisa big data, hingga kecerdasan buatan.

Meski demikian, hal tersebut dibantah oleh Intel yang memang merupakan salah satu perusahaan yang berada di garda terdepan industri CPU. Menurut PC GAMER, hal tersebut disampaikan langsung oleh CEO Intel, Brian Krzanich.

"Selama 34 tahun di industri semikonduktor, saya sudah beberapa kali mendengar hal yang sama. Saat ini kita sudah bisa menggunakan prosesor 14nm dan sebentar laghi akan ada prosesor 10nm, lalu 7nm, dan 5nm. Itu membuktikan Moore's Law masih hidup," ujar Krzanich dikutip dari PC GAMER.

Situasi yang dijelaskan oleh Intel memang masih benar. Namun tidak bisa disangkal jika peran GPU kini semakin besar karena sudah merambah ke berbagai lini termasuk kecerdasan buatan, machine learning, komputasi awan, analisa big data, dan lain-lain. Di sisi lain, NVIDIA sudah melihat peluang tersebut dan terus mendesak peran CPU agar bisa digantikan oleh GPU.


(MMI)