Anda Bisa Lebih Akurat Mencari di Google, Begini Caranya

Lufthi Anggraeni    •    Senin, 04 Sep 2017 16:58 WIB
teknologigoogletips dan trik teknologi
Anda Bisa Lebih Akurat Mencari di Google, Begini Caranya
Pengguna internet dapat melakukan langkah ini untuk meningkatkan akurasi pencarian pada Google atau Bing.

Metrotvnews.com, Jakarta: Melakukan pencarian informasi melalui mesin pencarian seperti Google menjadi salah satu aktivitas yang sering dilakukan masyarakat pengguna internet. Namun, terkadang hasil yang disuguhkan oleh mesin pencarian tidak sesuai dengan hal yang dimaksudkan oleh pengguna.

Meskipun demikian, buka berarti pengguna internet tidak dapat melakukan upaya untuk meningkatkan akurasi hasil yang disuguhkan mesin pencarian terhadap informasi yang diinginkannya. Untuk meningkatkan akurasi tersebut, Anda dapat memanfaatkan solusi bernama Advangle (Beta).

Advangle (Beta) merupakan formulir web dilengkapi sejumlah kueri penelusuran lanjutan untuk Anda. Dengan beberapa klik, Anda dapat menghimpun kueri penelusuran rumit dan segera melihat hasil penelusuran tersebut di mesin pencarian Google ataupun Bing.



Advangle berisi tiga bagian yaitu Query Builder utama, Attributes di panel sebelah kiri menampilkan kondisi tertentu yang diinginkan pada pencarian, serta dua tombol Result untuk Google dan Bing yang menampilkan halaman hasil pencarian di jendela baru.



Sebagai langkah awal, pada kolom Query: new query, Anda dapat menekan pilihan "Add new condition" yang akan menampilkan opsi serupa bagian Attributes. Pada masing-masing atribut, Anda dapat memasukan kata kunci yang diinginkan terkait dengan pencarian.

Sebagai contoh, untuk mencari informasi terkait dengan harga smartphone Samsung pada tahun 2017 di Indonesia, Anda dapat memasukan kata Samsung, smartphone, 2017 dan harga, pada atribut Page Text terpisah, serta Indonesia pada atribut Country setelah kembali menekan pilihan "Add new condition".



Memasukan kata harga smartphone Samsung 2017 dalam satu Page Text akan menampilkan  Setelahnya, Anda dapat mengklik opsi Open pada peramban yang ingin digunakan untuk melakukan pencarian tersebut, dan hasil pencarian akan ditampilkan pada tab bereda di jendela yang sama.




(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.